Sambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77: Sebanyak 100 WNI di China Bersepeda Sejauh 77 Km Keliling Beijing
Sejumlah WNI mengikuti sepeda santai sejauh 77 kilometer yang digelar Kedutaan Besar RI di Beijing, China, Sabtu (6/8/2022) untuk peringatan HUT RI ke-77. (Antara/M. Irfan Ilmie)

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 100 warga negara Indonesia bersepeda santai mengelilingi Kota Beijing, China, sejauh 77 kilometer untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

"Jarak 77 kilometer yang kami tempuh itu angkanya sesuai dengan usia negara kita yang sudah mencapai 77 tahun," kata Ketua Panitia HUT ke-77 Perayaan Kemerdekaan RI di Beijing, Raden Fitri Saptaji, Minggu.

Kegiatan bersepeda tersebut digelar oleh Kedutaan Besar RI di Beijing.

Start dan finish sepeda santai tersebut berada di kompleks KBRI Beijing di Dongzhimen Wai Dajie No 4, Distrik Chaoyang, pada Sabtu (6/8).

Kemudian para peserta yang mengenakan seragam kaus berwarna merah darah bertuliskan "77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" pada bagian punggung itu menuju jalan lingkar luar (ring road) 4 Kota Beijing melintasi beberapa distrik, yakni Chaoyang, Haidian, Shijingshan, Fengtai, dan kembali lagi ke Chaoyang.

Selama kegiatan itu digelar, seluruh wilayah Kota Beijing diselimuti mendung, tetapi tidak sampai turun hujan hingga semua peserta yang dipimpin Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun memasuki garis finish di KBRI Beijing.

Para pesepeda santai langsung menyantap "mi ongklo", makanan khas Wonosobo, Jawa Tengah, lengkap dengan beraneka ragam jajanan gorengan, seusai "bergowes ria" mengelilingi wilayah ibu kota China itu yang memakan waktu lebih dari empat jam.

"Kebetulan situasi COVID-19 di Beijing agak reda sehingga kami bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan leluasa," kata Fitri yang juga menjabat sebagai Atase Keimigrasian KBRI Beijing tersebut.

Selain sepeda santai keliling ibu kota, KBRI Beijing juga mengadakan pertandingan bulu tangkis dan tenis meja dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia itu.

Meskipun tanpa ada pengawalan dari petugas keamanan setempat, kegiatan sepeda santai di jalan raya Beijing berlangsung dengan aman dan lancar.