Kunjungi NTT, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Dapat Kain dari Gubernur Viktor Laiskodat
Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo (tengah) dan Gubernur NTT Viktor B Laiskodat (kanan) di Bandara El Tari Kupang Selasa 26 Juli. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Bagikan:

NTT - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo mengunjungi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedatangannya untuk menghadiri acara syukuran 25 tahun imamat Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang.

"Selamat datang di NTT," kata Gubernur NTT Viktor B Laiskodat kemudian menyelempangkan kain tenun ke pundak Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, di Bandara El Tari Kupang, NTT, dikutip dari Antara, Selasa 26 Juli.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia dijadwalkan menghadiri Pesta Perak Tahbisan Episkopal Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr pada Rabu 27 Juli.

Berdasarkan keterangan Humas Pemerintah Provinsi NTT, acara misa syukur akan digelar di Gereja Santa Maria Assumpta Kupang pada Rabu 27 Juli.

Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang Pr juga telah mempersiapkan surat kepada Paus Fransiskus di Vatikan. Surat itu berisi ucapan pengunduran diri.

Hal itu sesuai dengan hukum gereja dalam Kitab Hukum Kanonik, di mana seorang uskup diharapkan mengajukan pengunduran diri dari jabatan jika telah berusia 75 tahun.

Begitu juga karena faktor sudah tidak bisa menjalankan tugas dengan baik karena alasan kesehatan atau alasan lain yang berat.

Jika surat itu disetujui, maka Uskup Agung Kupang Mgr Petrus Turang akan menjadi Emeritus dan Paus Fransiskus akan menunjuk uskup baru bagi umat Katolik di Keuskupan Agung Kupang.

Selain Gubernur NTT, kedatangan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia juga disambut Ketua DPRD Provinsi NTT Emi Nomleni, Kepala Polda NTT Irjen Pol Setyo Budyanto, dan sejumlah pejabat daerah.