Gubernur NTT Sebut Potensi Energi Matahari di Sumba 10.000 Megawatt
ILUSTRASI UNSPLASH/American Public Power Association

Bagikan:

KUPANG - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat Pulau Sumba disiapkan sebagai daerah yang menghasilkan energi baru terbarukan dengan potensi energi matahari yang sangat besar mencapai 10.000 megawatt.

"Provinsi NTT adalah salah satu provinsi dengan jumlah energi terbanyak, energi panas bumi di pulau Flores dan energi panas matahari di Pulau Sumba," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang dilansir ANTARA, Sabtu, 15 Juli.

Menurut dia potensi energi matahari terbaik di Indonesia hanya ada di dua pulau dan itu ada di wilayah NTT yaitu di Pulau Timor dan di Pulau Sumba.

Pemerintah NTT sedang berdiskusi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memanfaatkan potensi energi matahari di Pulau Sumba da Pulau Timor untuk kebutuhan masyarakat.

Gubernur Viktor mengatakan segera menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa pulau Sumba akan disiapkan menjadi pulau dengan penghasil energi baru terbarukan untuk kebutuhan energi pada masa depan.

"Pulau Sumba akan menjadi pulau yang sangat luar biasa karena menghasilkan energi yang sangat hebat," kata Viktor Bungtilu Laiskodat.

Dia berharap pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur untuk terus mendorong anak-anak sekolah di daerah itu masuk sekolah yang berorientasi pada pembangunan energi baru terbarukan.

Viktor juga juga berharap pemerintah kabupaten di Pulau Sumba agar dalam mendesain program pembangunan untuk untuk fokus ketersediaan populasi, kebutuhan air, ketersediaan energi dan kebutuhan pangan.

"Untuk itu harus sudah disiapkan dari sekarang terkait kesiapan air, siapkan populasi, siapkan pangan siapkan energi karena itulah tantangan dan yang dihadapi ke depan," kata dia.