Dukung <i>Sustainable Eco Tourism</i>, PLN Resmikan SPKLU di Pulau Sumba
Ilustrasi (Foto: Dok. PLN)

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Mamuli, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Keberadaan SPKLU ini sebagai wujud dukungan PLN terhadap transisi energi berkelanjutan, khususnya ekosistem kendaraan listrik.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, Fintje Lumembang mengatakan, kehadiran SPKLU memang sebagai wujud dukungan PLN terhadap komitmen Indonesia dalam perubahan iklim menuju energi berkelanjutan, serta mengelola transisi energi sampai net zero emission pada 2060.

"Semoga hadirnya SPKLU Mamuli ini dapat mendukung Sustainable Eco Tourism di Pulau Sumba sebagai daerah pariwisata ramah lingkungan," kata Fintje dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis 26 Januari.

Fintje mengatakan, dengan hadirnya SPKLU Mamuli, kini ada empat stasiun di Provinsi NTT, yakni di Kota Kupang, Labuan Bajo, Atambua dan Sumba.

Fintje memastikan PLN ke depannya akan kembali menambah SPKLU untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik khususnya di wilayah NTT.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur pun menyambut baik kehadiran SPKLU yang berlokasi di Pulau Sumba tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur, Umbu Ngadu Ndamu berharap, keberadaan SPKLU ini dapat membangun Sustainable Eco Tourism di Pulau Sumba. Hal ini mengingat Pulau Sumba merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

"Semuanya berawal dari listrik, ini adalah SPKLU pertama dan Pemerintah daerah sangat mengapresiasi langkah PLN," kata Umbu.