<i>Wow</i> Jet Overture Boom Supersonic Pangkas Penerbangan New York - London Jadi Cuma 3,5 Jam
Overture. (Sumber: Boom Supersonic)

Bagikan:

JAKARTA - Pesawat tercepat di dunia memiliki desain ramping baru yang memprioritaskan aerodinamika, pengurangan kebisingan dan kinerja. Boom Supersonic mengungkapkan rincian pesawat Overture yang disempurnakan pada Farnborough Airshow, Selasa pekan lalu.

Peluncuran jet masih beberapa tahun lagi, tetapi perkembangannya berkembang pesat. Ini akan menjadi pesawat tercepat di dunia, membawa penumpang dari New York ke London hanya dalam 3,5 jam.

Boom, yang berkantor pusat di Colorado, mengungkapkan desain terbaru untuk jet setelah 26 juta jam inti desain perangkat lunak simulasi, divalidasi oleh lima tes terowongan angin.

Overture akan ditenagai oleh empat mesin yang dipasang di sayap, memungkinkannya melaju lebih cepat dari kecepatan suara saat terbang di atas air dan hanya di bawah Mach 1 saat terbang di atas daratan.

Desain mesin yang diperbarui mengurangi kebisingan, dan juga akan menurunkan biaya bagi operator penerbangan, kata perusahaan itu, seperti melansir The National News 19 Juli.

overture bom supersonik
Overture. (Sumber: Boom Supersonic)

Saat lepas landas, Overture akan menggunakan sistem pengurangan kebisingan otomatis pertama di dunia dan terbang tanpa afterburner, memenuhi tingkat kebisingan peraturan yang sama dengan jet subsonik terbaru. Ini berarti penerbangan yang lebih tenang bagi penumpang dan lebih sedikit kebisingan di komunitas bandara.

Desain yang bentuk dart, jet ini memiliki diameter pesawat yang lebih besar di bagian depan, dan yang lebih kecil di bagian belakang. Overture dirancang untuk meminimalkan hambatan, memaksimalkan efisiensi bahan bakar pada kecepatan supersonik.

Sayap berbentuk camar akan membantu memastikan stabilitas pada kecepatan dan jet akan dibangun dari komposit karbon, bahan yang ringan dan kuat serta dapat dilengkungkan untuk meningkatkan efisiensi aerodinamis.

Overture akan menarik bagi pelancong mewah, menawarkan interior bergaya dengan kursi yang nyaman, akses jendela dan lorong, serta sentuhan akhir kelas atas.

Selama konferensi pers pada pekan lalu, Boom juga mengumumkan sedang membangun fasilitas pengujian perangkat keras seluas 70.000 kaki persegi di Colorado, dijuluki The Iron Bird. Ini akan digunakan untuk menampung model pengujian Overture skala penuh pertama dan simulator dek penerbangan.

overture boom supersonic
Overture. (Sumber: Boom Supersonic)

Penerbangan penumpang

Awal tahun ini, Boom mengonfirmasi bahwa pihaknya tetap berada di jalur untuk memulai produksi pada 2024, dengan rencana meluncurkan jet pada 2025, memulai penerbangan uji setahun kemudian dan mulai menerbangkan penumpang pada 2029.

Saat memasuki layanan, pelancong yang terbang dengan Overture akan dapat terbang di antara beberapa tujuan paling populer di dunia dengan kecepatan mendekati kilat.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, jet supersonik akan membawa lebih dari 65 penumpang dari Los Angeles ke Sydney dalam delapan jam, dan dari Tokyo ke Seattle di AS dalam empat setengah jam.

Lebih dari 600 rute direncanakan untuk Overture dalam apa yang disebut perusahaan sebagai "era baru perjalanan supersonik".

Diketahui, Boom sejauh ini telah menerima pesanan 70 pesawat, termasuk dari United Airlines dan Japan Airlines.

Overture selalu dibayangkan sebagai jet nol karbon bersih yang terbang dengan 100 persen bahan bakar penerbangan berkelanjutan. Saf saat ini mahal dan sulit diperoleh, tetapi industri penerbangan bekerja untuk membuat bahan bakar lebih mudah diakses dengan Asosiasi Transportasi Udara Internasional mengatakan bulan lalu bahwa pemerintah harus memberikan insentif untuk segera meningkatkan produksi.