Bagikan:

JAKARTA - Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos Horta mengatakan Indonesia paling toleran daripada negara-negara lain di dunia. Politukus Partai Gerindra Fadli Zon mengamininya.

Fadli setuju dengan Ramos Horta soal Indonesia negara dengan keberagaman tinggi soal toleransi. Sejauh perjalanannya mengunjungi negara di dunia, pernyataan Ramos Horta tak terbantahkan.

"Betul sekali. Saya sudah keliling dunia, Indonesia adalah negara paling toleran sedunia," tulis Fadli Zon dalam akun Twitternya, @fadlizon, Jumat 22 Juli.

Maka dari itu Fadli merasa heran dengan pihak-pihak yang acap kali berbicara tentang radikalisme menghantui Indonesia. Termasuk mereka yang menilai intoleran telah menjadi virus yang merupakan persoalan bangsa.

"Aneh kalau ada yang terus bilang dan jualan radikal radikul, dan intoleran," ujar Fadli Zon.

Adapun pernyataan Ramos Horta soal Indonesia negara paling toleran di dunia disampaikan saat menjadi bintang tamu program Rosi di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Dalam program itu, Ramos Horta mengaku telah 50 kali mengunjungi Indonesia dan menemukan perkembangan secara signifikan terkait toleransi.