Belum Mundur dari Partai Gerindra, M. Taufik Tunggu Ada Pemecatan dari Prabowo
Eks Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dipecat Gerindra dari keanggotaan partai mulai Selasa 7 Juni. (Antara-Susylo A)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Mohamad Taufik mengaku dirinya belum menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai kader Gerindra meskipun sempat berencana mundur beberapa waktu lalu.

"Sampai sekarang belum (mengundurkan diri dari Gerindra) saya," kata Taufik saat dihubungi, Jumat, 22 Juli.

Taufik memilih menunggu keputusan pemecatan dari Gerindra. Sebab, Taufik telah lebih dulu diusulkan untuk dipecat sebelum dirinya resmi mundur.

Usulan pemecatan ini berdasarkan hasil rekomendasi Majelis Kehormatan Partai (MKP) Gerindra. Namun, keputusan pemecatan Taufik berada di tangan Ketua Umum Prabowo Subianto lewat Dewan Pimpinan Partai (DPP) Gerindra.

"Orang sampai sekarang saya belum dipecat, ya enggak keluar, lah," ungkap Taufik.

Saat ini, muncul desakan dari DPC Partai Gerindra Jakarta Timur agar Taufik segera dipecat. DPC Gerindra Jaktim pun menggugat Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina Gerindra serta menggugat DPP Gerindra ke pengadilan untuk segera melaksanakan rekomendasi pemecatan Taufik seperti yang diusulkan MKP.

Terkait hal ini, Taufik enggan menanggapi banyak. Sebab, menurut dia, DPC Jaktim tidak memiliki kewenangan untuk mendesak DPP dalam memberi suatu keputusan.

"Saya enggak usah tanggapi. Waktu itu kan saya diusulin dipecat, kan. Jadi itu yang gugatnya juga salah. Mereka menggugat seolah-olah saya sudah dipecat, padahal itu kan hanya usulan," urainya.

Sebagaimana diketahui, Pada 2 Juni lalu, Taufik membenarkan dirinya berencana hengkang dari Partai Gerindra. Taufik mengaku ingin menyampaikan pengunduran dirinya pada 22 Juni.

Namun, pada 7 Juni, MKP Gerindra mengeluarkan rekomendasi pemecatan Taufik kepada DPP Gerindra. Pimpinan sidang MKP Gerindra menjelaskan, keputusan usulan pemecatan ini berdasarkan rangkaian proses yang cukup panjang dari akumulasi kesalahan dan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Taufik sebagai kader Partai Gerindra, mulai dari perhelatan Pilpres 2019 sampai saat ini.