Setelah Sampai di Indonesia, Rizieq Shihab Harus Lakukan Karantina 14 Hari
Rizieq Shihab/Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tetap harus melaksanakan karantina mandiri di kediamannya selama dua pekan atau 14 hari setelah tiba di Tanah Air. 

Menurut Dirjen P2P Kemenkes Budi Hidayat, karantina mandiri di kediaman ini adalah prosedur yang memang harus dilakukan siapapun yang baru datang dari luar negeri.

Selain itu, Rizieq dan rombongan yang pulang dari Arab Saudi juga diharuskan untuk melaksanakan uji usap di fasilitas kesehatan dan menunjukkan hasil swab maksimal tujuh hari sebelum masuk ke wilayah Indonesia. 

"Jika WNI dan WNA sudah membawa hasil PCR negatif dari luar negeri dan dinyatakan valid oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) selanjutnya pada pemeriksaan dinyatakan tidak sakit dan tidak ada faktor risiko kesehatan, maka dapat melanjutkan perjalanan dan menjalani karantina mandiri di rumah atau tempat tinggalnya selama 14 hari," kata Budi saat dihubungi VOI, Jumat, 6 November.

Jika uji usap tidak ada, rombongan ini bisa menjalani uji usap di lokasi karantina hingga hasilnya keluar atau sekitar tiga hari kerja.

Terkait pelaksanaan karantina mandiri di kediaman masing-masing, Rizieq dan rombongan yang baru pulang dari luar negeri juga diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan kamar tidur terpisah ataupun menggunakan tempat makan yang terpisah dari anggota keluarga lainnya.

Sebelumnya, Rizieq Shihab direncanakan tiba di Indonesia pada 10 November. Dia dan keluarga pulang ke tanah air menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SV-816.

"Insyaallah saya dan keluarga hari Senin tanggal November 2020 pukul 09.30 waktu Saudi akan terbang dari Bandara Jeddah dengan pesawat Saudi Arabia Airlines," ujar Rizieq dikutip dari channel Youtube Front TV, Rabu, 4 November.

Rizieq dan keluarganya akan tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 10 November sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian, dia akan langsung bertolak ke rumahnya untuk beristirahat.

"Setelah kami mendarat kami sekeluarga dari bandara akan langsung ke kediaman kami di Petamburan, Jakarta Pusat," kata dia.

"Dan kami akan beristirahat di sana sampai hari Rabu dan Kamis tanggal 11 dan 12 November 2020," sambungnya.