Polri Wanti-wanti Penjemputan Rizieq Shihab Jangan Ganggu Aktivitas di Bandara
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (Foto: Rizky/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab direncanakan akan tiba di Indonesia pada 10 November, tepat hari pahlawan. Pengamanan dari polisi akan dilakukan jika dianggap diperlukan.

Klaim Rizieq Shihab, dia dan keluarganya direncanakan akan tiba di tanah air pada Selasa, 10 November. Hal ini disampaikan Rizieq sendiri melalui tayangan video.

"Nanti kalau situsasi memang tidak memungkinkan tentunya polri akan turun tangan untuk melakukan pengamanan secukupnya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan, Rabu, 4 November.

Terlepas dari pengamanan, Awi mengimbau kepada pendukung Rizieq Shibab untuk menaati peraturan, terlebih saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19. Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta merupakan ruang publik yang banyak aktivitas.

"Kami mengimbau kepada para pengikutnya, pendukungnya tentunya laksanakan penjemputan dengan tertib. Ingat Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara internasional, banyak kepentingan di sana termasuk tempat pelayanan publik," kata dia.

Sebelumnya, Polri menegaskan tidak akan menghalang-halangi bila Rizieq Shihab akan kembali pulang ke Indonesia. 

"Selama ini kita tidak pernah ngusir, tidak pernah. Ya kalau mau pulang ya pulang aja," ujar Awi kepada wartawan, Selasa, 3 November.

Namun Awi tidak berkomentar soal pihak intelijen Polri sudah menerima informasi Rizieq Shihab sudah mengantongi surat izin keluar dari Arab Saudi. Dia hanya mempersilakan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu untuk pulang.

"Pokoknya kalau mau pulang, pulang saja," kata dia.

Adapun, Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bakal tiba di Indonesia pada 10 November. Dia dan keluarga pulang ke tanah air menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SV-816.

"Insyaallah saya dan keluarga hari Senin tanggal November 2020 pukul 09.30 waktu Saudi akan terbang dari Bandara Jeddah dengan pesawat Saudi Arabia Airlines," ujar Rizieq dikutip dari channel Youtube Front TV, Rabu, 4 November.

Rizieq dan keluarganya akan tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 10 November sekitar pukul 09.00 WIB. Kemudian, dia akan langsung bertolak ke rumahnya untuk beristirahat.

"Setelah kami mendarat kami sekeluarga dari bandara akan langsung ke kediaman kami di Petamburan, Jakarta Pusat," kata dia.

"Dan kami akan beristirahat di sana sampai hari Rabu dan Kamis tanggal 11 dan 12 November 2020," sambungnya.

Terkait