Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mengklarifikasi tudingan soal Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang dinilai mengkampanyekan putrinya Futri Zulya Savitri, sambil membagikan minyak goreng kemasan Minyak Kita.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, acara yang dihadiri Zulkifli Hasan merupakan acara pasar murah yang digelar PAN di Bandar Lampung. Di acara itu, Zulhas memang mengajak putrinya yang juga sebagai pengurus DPP PAN dan Calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1.

"Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai. Itu hari Sabtu, para pegawai ASN di pemerintahan libur," ujar Viva saat dikonfirmasi, Selasa, 12 Juli.  

Diketahui, minyak goreng kemasan Minyak Kita merupakan program Kementerian Perdagangan. Dalam akun Twitter resmi Kemendag juga diinformasikan bahwa Zulhas tengah berada di Lampung untuk mendistribusikan 7.000 liter minyak goreng tersebut. 

Namun, Viva kembali membantah pendistribusian 7.000 liter Minyak Kita dimanfaatkan Zulhas untuk mengampanyekan  putrinya. Menurut Viva, Futri Zulya Savitri membeli minyak goreng kemasan tersebut untuk kemudian dibagikan ke masyarakat di pasar murah secara cuma-cuma. 

"Minyak curah kemasan itu dibeli oleh Futri, tidak gratis. Ini tentu sikap yang baik karena dapat memberi manfaat bagi ibu-ibu di dapilnya," kata Viva Yoga.

Viva mengatakan, kehadiran Zulkifli Hasan di pasar murah itu sebagai Ketua Umum yang meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Dia memastikan, Zulhas mengerti dan memahami rambu dan peraturan perundang-undangan sebagai menteri.

"Tidak akan abuse of power, menyalahgunakan kekuasaan sebagai menteri. Kegiatan partai dilaksanakan pada saat hari libur," ujarnya.

Diketahui, beredar video Zulkifli Hasan dan Futri membagikan Minyakita kepada masyarakat setempat. Acara pembagian minyak goreng gratis itu berlangsung dalam acara PANSar Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung, pada Sabtu, 9 Juli.  

Minyak Kita adalah produk minyak goreng curah kemasan sederhana yang diluncurkan Kementerian Perdagangan pada 6 Juli lalu di tengah kenaikan harga di pasaran. Minyakita diluncurkan kurang dari sebulan setelah Zulkifli dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada 15 Juni.

Harga Minyakita dipatok seharga Rp14 ribu per liter di manapun lokasinya. Namun dalam acara ini, minyak goreng tersebut dijual di harga Rp10 ribu untuk 2 liter. 

 Namun, pada kesempatan itu Zulkifli meminta warga yang datang untuk membeli tidak usah membayar, karena minyak tersebut akan dibayar oleh Futri.

"Nah, uangnya gak usah diberikan, di kantong aja, dikantongin! Rp10 ribu yang tanggung Futri tuh Futri," kata Zulhas dalam video yang beredar.

Zulhas bahkan secara terang-terangan meminta warga untuk memilih anaknya saat pemilu nanti. "Diterima dari mba Futri, tepuk tangan dong ibu-ibu gratis! Tapi milih Futri ya! Oke? Nah kalau milih Futri entar tiap dua bulan ada deh ginian (minyak goreng gratis)," kata Zulkifli.