Bagikan:

SURAKARTA - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meminta panitia memperhatikan langkah pencegahan kerumunan saat membagikan kurban di momen Iduladha 2022.

Untuk itu Gibran meminta panitia kurban di berbagai masjid di Surakarta untuk mengantar daging kurban langsung kepada para penerima manfaat.

"Saya menyarankan agar daging dikirim ke rumah, jangan ngumpul di masjid biar tidak ada kerumunan," kata Gibran di Surakarta, Jawa Tengah, Senin 4 Juli.

Terkait dengan tata cara yang diusulkannya, Gibran mengaku hanya sebatas imbauan. Meski demikian, kata dia, panitia penyembelihan hewan kurban di Surakarta saat ini sedang disusun Kantor Kementerian Agama setempat.

"Itu sudah diatur sama Kemenag," imbuhnya.

Selain itu, pada perayaan Iduladha 2022, pihaknya memberikan pelonggaran seperti halnya saat Idul Fitri lalu.

"Monggo silakan, tetap normal saja. Boleh salat di lapangan, di jalan, ada beberapa jalan yang ditutup. Masjid juga boleh," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada pembatasan aktivitas masyarakat selama perayaan Iduladha tersebut. Gibran mengatakan terkait aturan Iduladha, pihaknya masih menunggu instruksi Menteri Dalam Negeri.

"(Dibandingkan Idul Fitri, red.) ini bukan lebih longgar, sama saja. Pokoke belum ada pembatasan. Yang pasti kalau daging diantar ke rumah masing-masing lebih aman," ujarnya.

Pada Minggu depan, pihaknya juga akan meliburkan penyelenggaraan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor mengingat penyembelihan hewan kurban akan dilakukan pada Minggu 10 Juni.

"CFD diliburkan dulu, nantinya aksesnya terganggu kalau ada CFD. Apalagi nanti lapangan parkir Sriwedari sepertinya juga akan dipakai untuk salat," katanya.