Pengamanan Iduladha 2022, Polri Bangun Pos di Jalur Tol
Ilustrasi situasi GT Cikarang Utama saat momen mudik Lebaran 2022. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyiapkan skema pengamanan perayaan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah atau 2022. Dalam penerapannya, akan dikondisikan oleh masing-masing Polda jajaran.

"Ya, untuk Polda sudah siapkan Pam [pos pengamanan] Iduladha sesuai pengumuman yang sudah disampaikan pemerintah," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin, 4 Juli.

Kemudian, dalam skema pemanganan yang sudah disiapkan, arus lalu lintas juga menjadi fokus utama. Mengingat, Hari Raya Iduladha jatuh pada hari libur Minggu, 10 Juli.

"Untuk Korlantas juga siapkan Pam di jalur-jalur tol," ungkapnya.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menambahkan, untuk skema pengamanan arus lalu lintas sudah dipersiapkan. Namun, penerapannya, menunggu perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Idhuladha sudah masuk dalam agenda pengamanan tahunan, kita tunggu instruksi yang akan dikeluarkan dari Kapolri untuk pelaksanannya," kata Firman.

Sebagai informasi, Pemerintah menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat, 1 Juli. Sehingga, Hari Raya Iduladha 10 Zulhijjah 1443 H jatuh pada Minggu.

Penentuan hari Raya Iduladha berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar pada Rabu, 29 Juni