Puncak Arus Mudik Iduladha Diprediksi Pada Sore Ini
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus mudik Hari Raya Iduladha terjadi pada Kamis, 30 Juli. Kendaraan dari arah Jakarta paling banyak menunju berbagai wilayah di pulau Jawa.

"Kami perkirakan pada hari Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin untuk mudik," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis 30 Juli.

Prediksi lonjakan kendaraan karena Iduladha jatuh pada akhir pekan. Untuk mengantisipasi hal itu, disiapkan dua skema rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, yakni contraflow dan one way.

"Misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke jalur Timur itu terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau di elevated ada trouble. Karena disitu tidak ada jalan ke luar yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated maka skenario kita akan coba nanti laksanakan contraflow," kata Sambodo.

Jika contraflow tak berhasil mengurai kepadatan kendaraan, maka, skema one way akan diberlakukan. Namun, untuk menerapkan kedua skema itu harus berkoordinasi dengan Polda setempat.

"Tentu saja ini pasti akan kita kordinasikan dengan pihak korlantas. Karena contraflow dan one way pasti menyangkut perbatasan. Apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor dan Karawang atau Polda Banten kalau ke arah Tangerang," ungkap Sambodo.

Lebih jauh, kebijakan buka tutup di rest area juga akan dilakukan. Hal ini diberlakukan jika terjadi antrean panjang di stasiun pengisian bahan bakar di rest area.

"Tentu kita akan melaksanakan buka tutup (rest area), termasuk ada parking bay sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalin kita akan melaksanakan buka tutup," kata Sambodo.

Adapun Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan 749 personel yang mengawal pos pengamanan yang ditujukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama perayaan Iduladha.

Berikut titik-titik pos pengamanan Ditlantas Polda Metro Jaya:

Pos Pengamanan Akhir Pekan Panjang di Jalur Tol

1. Cikunir 5, km 10.
2. Parking Bay km 18.
3. Rest area km 19.
4. Rest area km 33.
5. Rest area km 39.
6. Rest area Kunciran arah Merak km 13.
7. Exit tol Cibubur arah Bogor depan Buperta.

Pos Pengamanan Arus Balik Jalur Tol
1. Parking Bay km 34.
2. Cikunir 2 km 32.
3. Rest area km 29.
4. Rest area km 10.
5. Rest area km 6.
6. Rest area Karang Tengah km 14.

Pos Pengamanan Jalur Arteri
1. Pangkalan Jati.
2. Bekasi Cyber Park (BCP).
3. Ganda Suka.

Pos Pengamanan Angkutan Umum
1. Terminal bus Kampung Rambutan.
2. Terminal bus Pulo Gebang.
3. Stasiun Gambir.
4. Stasiun Senen dan Jatinegara
5. Bandara Soekarno Hatta.
6. Bandara Halim PK.
7. Pelabuhan Tanjung Priok.

Pos Pengamanan Lokasi Wisata
1. Kebun Binatang Ragunan.
2. TMII.
3. Ancol.
4. Monas.
5. Kota Tua.