Selain kepada yang Berhak, Masjid  Raya Jayapura juga Bagikan Daging Kurban ke Warga Non-Muslim
Suasana tempat penyembelian hewan kurban di halaman Mesjid Raya Baiturrahim Jayapura, Papua (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAYAPURA - Pengurus Masjid Raya Baiturrahim, Jayapura, Papua dalam Idul Adha ini terus mengedepankan toleransi umat beragama. Mereka selain membagikan daging kurban kepada yang berhak juga membagikan kepada warga non-Muslim. Ini sebagai wujud toleransi umat beragama di Bumi Cendrawasih.

 Ketua Umum Masjid Raya Baiturrahim Jayapura Adbul Kahar Yelipele di Jayapura, Minggu, 10 Juli, mengatakan hal tersebut sudah menjadi tradisi yang dilakukan setiap perayaan Idul Adha.

 “Kebiasaan kami daging kurban itu didistribusikan bukan hanya untuk kaum Muslimin tapi juga saudara kami umat Kristiani di sekitar masjid,” kata Yelipele, seperti dikutip Antara.

 Menurut Adbul, meski begitu pengurus masjid setempat terlebih dahulu mendistribusikan daging kurban ke jamaah masjid yang berhak atau telah terdata.

“Lalu panitia sudah bekerja keras untuk mendata siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan daging kurban tersebut,” ujarnya, seperti dikutip Antara

Dia menjelaskan jumlah hewan kurban yang dikumpulkan di Masjid Raya Baiturrahim Jayapura sebanyak 20 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

“Kami memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada forkopimda setempat dan masyarakat yang sangat antusias merayakan Idul Adha. Jumlah hewan kurban tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang terdampak COVID-19,” katanya lagi.

 Dia menambahkan pelaksanaan hari raya kurban sendiri berjalan dengan lancar dan hikmat apalagi para pemuda gereja ikut membantu jalannya pelaksanaan shalat Id.