Iduladha, Kemensos Salurkan daging Kurban untuk 1.850 Mustahik
Ilustrasi daging kurban (Foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) membagikan daging kurban kepada 1.850 Mustahik atau penerima manfaat pada Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023.

Pelaksana Harian Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Robben Rico menyatakan, Iduladha merupakan momentum untuk merenungkan kembali tingginya kualitas taqwa Nabi Ibrahim AS yang menjalankan perintah Allah untuk menyembelih Nabi Ismail AS.

Disamping dimensi taqwa, Iduladha juga berdimensi sosial karena daging kurban dibagikan kepada fakir miskin.

"Iduladha adalah momentum kami meneladani contoh yang diberikan Nabi Ibrahim AS. Kurban juga memiliki dimensi sosial, karena dengan membagikan daging kami telah berempati kepada saudara-saudara kami lainnya. Berkurban itu menjadi bagian yang paling penting dalam hidup kami untuk kita bisa saling membantu dan meringankan beban sesama," kata dia dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat, 30 Juni.

Jajaran Kemensos menyelenggarakan salat Iduladha di halaman Kantor Kementerian Sosial bersama para pegawai, karyawan dan warga sekitar. Bertindak selaku imam adalah Ahmad Sobari dan khatib Muhtadin.

Usai salat Iduladha dilakukan penyerahan simbolis hewan kurban kepada panitia kurban. Panitia Kurban Masjid Al-Hikmah di lingkungan Kementerian Sosial menerima 16 ekor sapi, dua ekor kambing dan satu ekor domba sebagai hewan kurban. Untuk pemotongan, panitia menyerahkan kepada Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Tapos, Jawa Barat.

Daging kurban didistribusikan kepada yang berhak (mustahik), termasuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang menjadi prioritas.

Daging kurban juga akan didistribusikan untuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), petugas kebersihan dan keamanan di lingkungan Kemensos, teman-teman ASN Kemensos Golongan I dan II, warga di sekitar kantor, dan untuk teman-teman yang berada di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS).

Ketua Yayasan Kumala Dindin Komarudin mengungkapkan rasa syukur bisa diberi kepercayaan mendistribusikan daging kurban bagi binaan mereka. Dia menyebutkan, kiriman dari Kemensos ini membuat binaannya gembira.

"Alhamdulillah, kami mendapat kiriman daging kurban dari Kemensos. Kami akan salurkan kepada 267 binaan kami di Jakarta Utara. Binaan kami terdiri dari komunitas anak-anak jalanan, komunitas penyandang disabilitas dan komunitas lansia," ungkapnya.