Ridwan Kamil Gantikan Almarhum Eril Tunaikan Ibadah Haji Terbang ke Tanah Suci
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terbang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada hari ini Senin 4 Juli.

Kang Emil, sapaan akrabnya, membadalkan atau menggantikan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang telah terdaftar dalam kloter keberangkatan calon jemaah haji Bandung pada tahun 2022.

"Berhaji atas nama Eril," tulis Ridwan Kamil dalam akun Twitternya, @ridwankamil, dikutip Senin 4 Juli.

Meski ibadah ke Makkah ini mewakilkan mendiang putranya, Ridwan Kamil mengatakan tetap berstatus gubernur yang memimpin calon haji Jawa Barat ke Tanah Suci

"Memimpin jemaah Haji Jabar yg berjumlah 17,000-an jemaah," ujarnya.

Ridwan Kamil pun mengaku mendatangi Islamic Center Baitul Ridwan di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Minggu 3 Juli. Kawasan yang juga lokasi makam Eril.

Eks Wali Kota Bandung itu mengatakan telah berpamitan mengunjungi pusara terakhir Eril sebelum berangkat ke Tanah Suci pada hari ini.

"Di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril," tutur Ridwan Kamil.

Eril ditemukan meninggal dunia pada Rabu 8 Juni setelah hanyut di Sungai Aare Swiss sejak Kamis, 26 Mei.

Remaja berusia 22 tahun itu hanyut setelah terseret arus Sungai Aare saat berenang bersama adiknya Camilla Laetitia Azzahra.

Saat prosesi pemakaman, sepanjang perjalanan iring-iringan mobil jenazah Eril yang bertolak dari Gedung Pakuan menuju kawasan Islamic Center Baitul Ridwan disambut oleh masyarakat.

Prosesi pemakaman itu pun berlangsung khidmat. Keluarga inti Ridwan Kamil dari sang istri Atalia Praratya, anak kedua dan ketiganya yaitu Camillia Laetitia Azzahra dan Arkana Aidan Misbach, ikut melepas kepergian Eril pada Senin, 13 Juni