Ridwan Kamil ke Dubai, Cari Pesawat untuk Angkut Jemaah Umrah Langsung dari Bandara Kertajati
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (dok Pemrov Jabar)

Bagikan:

Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku sebanyak 70 ribu jemaah umrah asal Jawa Barat mengalami kendala terbang langsung ke Tanah Suci dari lokasi keberangkatan terdekat di Bandara Kertajati, Tasikmalaya.

Mengatasi solusi dari permasalan tersebut, Ridwan Kamil mengunjungi Dubai, Uni Emirat Arab. Pria karib disapa Kang Emil itu mencari pesawat terbang tambahan untuk jemaah umrah asal Jawa Barat.

"Saya sedang di Dubai. Hari ini untuk membantu jemaah jemaah haji umrah haji Indonesia bisa terbang langsung ke Tanah Suci lewat Bandara Kertajati," kata Ridwan Kamil dalam unggahan video di akun Twitternya, @ridwankamil, Selasa 13 Desember.

Ridwan Kamil menuturkan, Bandara Kertajati sudah mulai dipakai untuk penerbangan umrah ke Tanah Suci pada bulan lalu. Namun karena pesawat terbangnya terbatas, hanya bisa melayani 20 persen jemaah.

Dia pun tersenyum kesepakatan terwujud dari kedatangannya di Dubai. Ridwan Kamil menyaksikan langsung penandatanganan kerja sama antara Direktur BIJB Kerjajati Muhamad Singgih dengan pihak maskapai penerbangan.

"Ini direktur kami dari Kertajati, dan ini [pihak pesawat] yang akan membawa pesawat-pesawat dari Timur Tengah mengangkut jemaah umrah kita ke Tanah Suci," ujar Ridwan Kamil memperkenalkan

Dia berharap setelah penandatanganan kerja sama, pesawat-pesawat bisa datang secepatnya dan bisa segera mengangkut jemaah umrah setiap hari.

"Insha Allah, ini adalah layanan dari pemerintah, dari provinsi agar jemaah Jawa Barat bisa langsung terbang dari bandara kebanggaan Jawa Barat ke Tanah Suci," tandasnya.