Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Menhub Budi: Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawun (Cisumdawu) akan dioperasikan mulai 15 April 2023. Tol tersebut akan beroperasi fungsional untuk mudik Lebaran 2023.

Kata Budi, jalan tol tersebut akan menghubungkan Kota Bandung dan Bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majelangka.

“Satu berita baik lain yang kemarin sempat saya sampaikan. Itu berfungsi Jalan Tol Cisamdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15 (April),” katanya dalam konferensi pers di Istana Negara, dikutup dari Sekretariat Presiden, Jumat, 24 Maret.

Budi berharap mulai beroperasinya Tol Cisamdawu dapat meningkatkan jumlah penumpang Bandara Kertajati sekaligus mengurangi jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Rencananya, sambung Budi, bandara tersebut diproyeksikan membantu jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta yang per harinya mencapai 1.000 hingga 2.000 pergerakan pesawat, dengan okupansi yang lebih lebih tinggi dibanding pandemi.

“Kertajati jadi suatu tambahan bagi mereka yang keluar negeri. Angkut barang, dan juga bagi mereka yang ingin umrah,” tuturnya.

Budi juga mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah berpesan agar Bandara Kertajati dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang hendak ke luar negeri maupun umrah.

Lebih lanjut, Budi mengatakan Bandara Kertajati juga sudah dipastikan akan dipakai untuk menjadi tempat keberangkatan jemaah haji.

“(Pamerintah Arab Saudi) sudah melakukan pengamatan terhadap (Bandara) Kertajati dan sudah dinyatakan bisa berlaku efektif,” jelasnya.