Presiden Jokowi Minta Tol Selesai Konstruksi Dicek Kembali Setelah Lebaran
Tangkap Layar Presiden RI Joko Widodo memberi keterangan usai mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta sejumlah tol yang sudah selesai konstruksinya atau beroperasi fungsional dapat dicek kembali setelah Lebaran sebelum siap dioperasionalkan untuk pengendara.

Hal itu disampaikan Jokowi usai mengunjungi Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin, 10 April.

"Tol-tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan, setelah nanti lebaran baru dicek lagi siap untuk dioperaisonalkan secara lengkap," kata Jokowi seperti ditayangkan secara virtual melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, dikutip via Antara, Senin, 10 April. 

Jokowi menjelaskan sejumlah tol yang beroperasi secara fungsional dapat dimanfaatkan para pemudik dalam mengurai kemacetan.

Salah satu tol yang beroperasi secara fungsional untuk musim mudik Lebaran, yakni Tol Cileunyi–Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Dalam kesempatan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Tol Cisumdawu seksi 1, 2, dan 3 mulai dari Cileunyi-Jatinangor-Sumedang-Cimalaka telah diselesaikan dan mendukung kelancaran arus kendaraan pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Sementara itu, Tol Cisumdawu seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan akan beroperasi fungsional pada masa mudik Lebaran 2023.

Tol itu akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore pukul 15.00 WIB.

"Jadi, kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB," kata Menhub.

Selain Tol Cisumdawu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan Tol Solo-Yogyakarta seksi 1.1 juga akan dibuka secara fungsional sepanjang 6 kilometer.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rute tersebut dapat melewati lima "traffic light" meskipun jalurnya pendek.