Simak! Inilah 10 Jalan Tol Darurat yang Bisa Dipakai untuk Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap daftar tol darurat yang bisa dipakai untuk mudik Lebaran 2023.

Menteri Basuki dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR, Selasa, 4 April 2023 mengatakan, jalan tol darurat yang dibuka untuk mudik tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera. Jalan tol ini hanya dibuka sementara dengan beberapa mekanisme khusus yang dibuat ikeh kepolisian dan badan usaha.

Jalan Tol Darurat yang Bisa Dipakai untuk Mudik

Basuki menuturkan, setidaknya ada 10 ruas jalan tol darurat atau fungsional yang akan dibuka pada mudik lebaran, antara lain:

  1. Tol Cisumdawu

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyiapkan lajur tol Cileunyi-Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2023.  

Terkait hal ini, Basuki akan membuka secara fungsional tol Cisumdawu seksi 4,5, dan 6 pada 15 April 2023.

“Dengan ini semua akan tembus dari Bandung ke Cirebon," ucap Basuki.

Dia menyampaikan, mekanisme operasionalnya akan diberikan kepada Korlantas Polri sebagai pengatur lalu lintas.

“Pemakaiannya akan tergantung dari kebijakan Kepolisian di lapangan mungkin hanya one way dari Bandung saat mudik dan sebaliknya saat arus balik," tutur Basuki.

  1. Tol Cibitung-Cilincing

Jalan tol darurat untuk mudik lebaran yang berikutnya adalah ruas tol Cibitung-Cilincing.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 (Segmen Tarumajaya-Cilincing) sepanjang 7,29 kilometer dibuka secara fungsional tanpa tarif untuk memperlancar akses logistik angkutan barang dari pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri dan arus mudik Lebaran.

  1. Tol Ciawi-Sukabumi

Jalan tol darurat untuk mudik yang ketiga adalah ruas Ciawi-Sukami. Kementerian PUPR bakal mengoperasikan secara fungsional seksi Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km pada saat arus mudik.

  1. Tol Cimanggis-Cibitung

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung yang merupakan bagian dari struktur jaringan Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) juga akan dioperasikan secara fungsional pada saat mudik lebaran.

Ruas tol Cimanggis-Cibitung akan beroperasi sementara adalah seksi 2A Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,5 km.

  1. Tol Pasuruan-Probolinggo

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) bisa dilintasi pada pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Pada momen mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR akan mengoperasikan secara fungsional Seksi 4A Probolinggo Timur-Gending.

“Dari Probolinggo Timur sudah sampai ke Interconnection Gending 8,6 km," tutur Basuki.

  1. Tol Solo-Yogyakarta-NYIA

Sebagian ruas Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA juga akan dibuka fungsional oleh Kementerian PUPR.

Ruas yang akan dibuka yakni dari Exit Tol Transjawa menuju gerbang tol Jalan Raya Sawit yang terhubung dengan nasional Yogyakarta-Solo.

"Ini cuma 6 km, tapi kita sudah lewati 5 traffic light jadi cukup membantu (urai Kemacetan)," kata Basuki.

  1. Tol Jakarta Sikampek Selatan

Ruas tol Jakarta Cikampek Selatan (Japek II) yang akan dibuka fungsional saat Lebaran adalah seksi Sadang-Kutanegara dan Sadang-Taman Mekar.

Seksi Sadang-Kutanegara memiliki panjang rute mencapai 8,5 km dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,9 km.

  1. Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi

Beralih ke Pulau Sumatera, jalan tol darurat untuk mudik yang ke delapan adalah bagian dari Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi.

Ruas yang akan dibuka secara fungsional adalah seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan seksi Dolok Merawan-Sinaksak. Dengan total panjang jalan tol mencapai 44,1 km.

  1. Tol Sigli-Banda Aceh

Bagian dari tol Sigli-Banda Aceh akan dibuka oleh Kementerian PUPR pada saat mudik lebaran.

Terkait hal ini, Kementerian PUPR akan mengoperasikan seksi 5 dan 6 Blang Bintang - Kuto Baru - Baitussalam sepanjang 13 km.

  1. Tol Binjai-Langsa

Jalan tol darurat yang bisa dipakai untuk mudik Lebaran yang kesepuluh adalah bagian dari ruas Jalan tol Binjai-Langsa. Bagian yang dibuka fungsional adalah seksi Stabat-Tanjung Pura sepanjang 7,2 km.

Demikian informasi tentang jalan tol darurat yang bisa dipakai untuk mudik Lebaran 2023. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.