Ridwan Kamil Pantau Kesiapan Jalur Mudik di Tol Cisumdawu
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memantau kesiapan jalur mudik Lebaran 2023, di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), pada Senin (10/3/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

Bagikan:

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memantau kesiapan jalur mudik Lebaran 2023, di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). 

Dalam pemantauannya, Ridwan Kamil secara khusus melihat kesiapan seksi IV Jalan Tol Cisumdawu yakni Cimalaka-Legok sepanjang 8,20 km.

Sebelum menjajal ruas baru yang akan dipakai pemudik di Jalan Tol Cisumdawu secara fungsional, Ridwan Kamil mendapatkan pemaparan dari Direktur PT Citra Jabar Karya Tol, Bagus Medi.

Turut hadir Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir dan Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Koswara serta Dirlantas Polda Jawa Barat. 

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan Tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Kertajati akan beroperasi pada arus mudik lebaran 2023.

Walaupun hanya satu jalur ke arah timur yang bisa difungsikan, menurutnya tol tersebut sudah siap.

"Dan yang penting berita baik ya, warga Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) bisa mudik tidak lewat Tol Cipali," katanya.

Menurut dia saat ini masih ada perbaikan di Seksi IV Jalan Tol Cisumdawu yang memungkinkan pemudik hanya bisa memakai satu jalur. 

Akan tetapi pihak konsorsium PT CKJT sudah berkomitmen bahwa jalan tol akan beroperasional penuh pada Mei 2023.

"Saat ini masih ada perbaikan, kalau fullnya di Bulan Mei. Jadi dua arah, betul-betul dipastikan bulan Mei," katanya.

Gubernur Ridwan Kamil juga memantau proses pekerjaan konstruksi penahan longsor di Seksi IV Tol Cisumdawu.