Kementerian BUMN Bakal Adakan Mudik Lebaran Gratis, Berminat Ikut?
Ilustrasi mudik lebaran (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negera (BUMN) bakal menyelenggarakan layanan mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan Lebaran bersama keluarga. Moda transportasi yang disediakan pun beragam, mulai bus hingga kapal.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan layanan mudik gratis tersebut. Karena itu, kuota atau jumlah orang yang dapat mengikuti layanan ini belum ditentukan.

“Kementerian BUMN juga akan menggelar mudik gratis. Itu lagi kita siapkan. Soal berapa orang (kuota) untuk mudik gratis, nanti akan kita keluarkan,” katanya kepada wartawan, ditulis Selasa, 7 Maret.

Lebih lanjut, Arya mengungkapkan, beberapa moda transportasi yang akan melayani mudik gratis tahun ini antara lain, bus, kereta, hingga kapal.

“Untuk mudik gratis ini, kami menyiapkan, ada yang pakai bus, ada yang kereta, dan kapal juga ada. Seperti Pelni dan PT ASDP (Kapal Ferry) mudah-mudahan makin rapi manajemennya,” ujarnya.

Arya pun memperkirakan di tahun 2023 ini, volume arus mudik akan meningkat drastis. Mengingat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah dicabut. Karena itu, menurut Arya, perlu ada persiapan dari transportasi yang memadai.

“Jadi (tahun ini) ada peningkatan gila-gilaan dari volume, memang perlu menjamin lebih bagus lagi lah. KAI misalnya, sudah melakukan penjualan tiket untuk Lebaran secara online,” tuturnya.

Arya juga berharap maskapai Garuda Indonesia mampu menambah rute penerbangan guna menjamin pelayanan semasa mudik Lebaran 2023 nanti berjalan lancar.

Tak hanya itu, lanjut Arya, untuk mendukung kelancaran mudik Leberan 2023, beberapa jalan tol yang sudah siap, namun belum beroperasi dan merupakan milik BUMN juga akan dibuka.

“Persiapan mudik, untuk jalan tol misalnya kita persiapkan juga jalan tol yang bisa dipakai, misalkan di Sumatera Utara, Kuala Tanjung, dan sebagainya. Untuk di Jawa, ada Jogja-Solo, juga akan dibuka, karena itu juga permintaan Kementerian PUPR. Akan kita buka, yang di bawah BUMN,” jelasnya.