Daftar Segera, Kuota Mudik Gratis Kemenhub 2022 Tahap Kedua Nyaris Habis
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan menegaskan tidak akan menambah lagi kuota mudik tahun ini. Sebab, waktunya sudah tidak memungkinkan. Saat ini, kuota mudik gratis hanya tinggal 350 orang dari total 20.580 orang.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan meski antusiasme masyarakat tinggi, pemerintah dalam hal ini Kemenhub tidak berencana untuk menambah kuota mudik gratis.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan membuka dua tahap program mudik Lebaran. Pada tahap 1 sebanyak 10.500 sudah terisi penuh. Sementara pada tahap 2 Kemenhub menyediakan 10.080 orang.

"Tadi baru saya update ternyata tinggal 350-an kuotanya (tahap 2). Artinya menurut saya sudah habis lah. Tinggal laut. Enggak ada penambahan. Waktunya tidak mungkin lagi kita melakukan penambahan," katanya kepada wartawan, dikutip Kamis, 21 April.

Kemenhub telah menganggarkan Rp10 miliar untuk menambah kuota mudik gratis Lebaran 2022. Hal ini karena melihat antusiasme masyarakat yang mendaftar cukup besar. Dengan demikian, anggaran mudik gratis Kemenhub tahun ini sebesar Rp20 miliar.

"Jadi nanti kita bisa bawa sekitar 21.000 termasuk juga kendaraan yang kita bawa sekitar 2.200," katanya.

Pendaftaran mudik gratis Kemenhub akan dibuka hingga 24 April mendatang. Namun, pendaftaran dapat ditutup sewaktu-waktu jika kuota sudah habis terpenuhi.

Bagi masyarakat yang berminat, dapat melakukan pendaftaran mudik gratis Kemenhub 2022 secara daring melalui laman https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/ dan mengikuti sayarat serta ketentuan yang berlaku.

Adapun tanggal keberangkatan mudik gratis Kemenhub 2022 masih tetap sama yakni 27, 28 dan 29 April.