Pelni Pastikan Semua Kapal Siap untuk Layani Mudik Lebaran 2022
Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan seluruh kapal penumpang dan perintis yang dioperasikan siap untuk melayani angkutan mudik Lebaran 2022. Ada 70 kapal yang disiapkan baik penumpang maupun perintis.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro mengatakan semua kapal akan beroperasi dalam menyambut periode mudik Leberan 2022. Ia juga memastikan kesiapan semua armada.

"Seat yang tersedia, kita kapal full semua beroperasi. Jadi kapal kita ada 26 kapal penumpang dan 44 kapal perintis. Alhamdulillah saat ini sudah ready semuanya untuk beroperasi," katanya dalam diskusi virtual, Senin, 18 April.

Yahya mengatakan bahwa kapal penumpang yang dimiliki Pelni berbeda-beda kapasitasnya ada yang 500, 1.000 dan 2.000 penumpang. Sementara kapal perintis mampu nampung 250 hingga 500 penumpang.

Lebih lanjut, Yahya mengatakan kelaikan armada untuk menunjang keselamatan penumpang selama masa angkut mudik Lebaran 2022 menjadi yang utama. Begitu juga dengan kesiapan calon penumpang kapal Pelni dalam melakukan perjalanan mudik tahun ini.

"Dari sisi armada sebelum kapal ini melayani pengguna kita lakukan pengecekan bahwa semuanya sudah docking. Harapannya saat melayani penumpang dalam kondisi fit," jelasnya.

Yahya memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada masa angkutan mudik tahun ini. Untuk itu, Pelni sudah melakukan perencanaan strategis mudik tahun ini mulai dari memprediksi lintasan yang akan ramai penumpang.

Adapun, Pelni menetapkan arus mudik akan terjadi pada 17 April atau H-15 hingga 18 Mei atau H+15. Dalam periode tersebut akan terjadi arus mudik dan balik.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kemenhub untuk memindahkan sementara kapal yang memang pada ruas yang tidak terlalu padat kita pindahkan ke ruas-ruas yang padat. Sehingga harapannya okupansi bisa kita lakukan, lonjakan bisa kita atasi dan harapannya bisa lancar," tuturnya.