Kabar Gembira! BUMN Bakal Hadirkan Program Mudik Gratis, Kuotanya 80 Ribu Orang
Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan kembali menggelar program mudik gratis untuk Idulfitri atau Lebaran 2024. Kuota yang disiapkan pun akan ditambah, mencapai 80 ribu orang.

Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan program mudik gratis Idulfitri atau Lebaran pasti akan diselenggarakan kembali di tahun ini.

“Mudik gratis ada. Kuotanya kita tambah, tahun ini 80 ribu,” katanya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari.

Terkait dengan mudik gratis ini, Arya memang belum menjelaskan lebih lanjut seperti apa skemannya dan BUMN apa saja yang akan ikut dalam program mudik gratis ini.

Namun, jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, masyarakat harus mendaftarkan diri untuk ikut dalam program mudik gratis yang diselenggarakan BUMN.

Pada tahun 2023, BUMN menyiapkan kuota untuk 65.603 pemudik. Tersedia pilihan moda baik bus, kereta api, dan kapal laut. Program mudik bersama yang diikuti 24 BUMN akan diberangkatkan dari berbagai titik-titik pemberangkatan, baik di terminal, stasiun maupun pelabuhan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, program mudik ini merupakan salah satu upaya BUMN untuk mewujudkan peran nyata dalam membantu masyarakat miskin yang ingin mudik ke kampung halaman.

“Melalui mudik bersama BUMN, kami mengalihkan ribuan pengguna kendaraan, terutama sepeda motor, ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut yang memenuhi standar keselamatan transportasi sehingga masyarakat dapat merasakan mudik yang aman dan nyaman,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.