Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan 76 BUMN yang dipimpin PT Jasa Raharja saling berkolaborasi untuk mewujudkan mudik gratis yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Erick Thohir mengatakan program Mudik Bersama Lebaran 2023 merupakan langkah strategis kementerian untuk memitigasi potensi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pemudik.

Program mudik bersama 76 perusahaan BUMN tersebut diharapkan bisa mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.

Selain itu, gelaran mudik gratis ini menurutnya sebagai bagian dari BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat menjelang lebaran.

"Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa," ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Kamis 16 Maret.

Adapun soal jumlah kuota pemudik yang diberangkatkan dalam mudik gratis oleh 76 BUMN ini adalah sebanyak 65.603 pemudik.

Jumlah tersebut akan diberangkatkan ke kampung halaman menggunakan 3 transportasi umum.

Erick Thohir menyebut moda transportasi yang digunakan untuk memberangkatkan para pemudik adalah bus, kapal laut, dan kereta api.

Adapun rincian masing-masing adalah 46.523 penumpang untuk bus dan 15.658 penumpang menggunakan kereta api. Untuk penumpang kapal laut kuotanya sebesar 2.562 orang.

Ini merupakan kali kedua masyarakat diperbolehkan untuk melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman setelah sebelumnya terhalang lantaran pandemi COVID-19.