Bagikan:

YOGYAKARTA – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggelar mudik gratis dalam rangka Idulfitri 2023. Program mudik gratis BUMN tahun ini akan dipimpin oleh PT Jasa Raharja dan diikuti oleh puluhan BUMN lain dengan berbagai titik pemberangkatan baik di terminal, stasiun, pelabuhan.

Program mudik gratis bersama BUMN tahun 2023 sendiri telah dibuka secara virtual pada Rabu, 15 Maret. Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan 65.603 kuota mudik gratis.

Rincian kuota mudik 2023 yang disediakan BUMN yakni 1.009 penumpang bus, 15.658 penumpang kereta api dengan 30 rangkaian, dan 2.562 penumpang kapal laut sebanyak tujuh buah armada.

Syarat Mudik Gratis BUMN 2023

Dikutip dari media sosial Instagram resmi Jasa Raharja @pt_jasaraharja. pendaftaran peserta mudik gratis BUMN 2023 telah dibuka mulai hari ini 15 Maret 2023. Registrasi dilakukan secara online dan masyarakat bisa melakukan pemesanan tiket mulai pukul 13.00 WIB. Adapun syarat peserta mudik gratis BUMN 2023 adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki akun Jrku
  2. Peserta harus memiliki sepeda motor, dibuktikan dengan kepemilikan STNK
  3. Pajak kendaraan motor yang dimiliki aktif
  4. Memiliki SIM C aktif
  5. Pendaftaran dan peserta yang didaftarkan harus dalam 1 (satu) keluarga
  6. Harus memenuhi syarat dari poin 1 hingga 5. Jika salah satu tidak terpenuhi maka pendaftaran tidak bisa dilanjutkan.

Cara Pendaftaran Mudik Gratis BUMN 2023

Bagi masyarakat yang berencana mengikuti program mudik gratis BUMN, pendaftaran dilakukan melalui situs mudik.jasaraharja.co.id baik melalui ponsel maupun laptop yang terkoneksi dengan internet. Calon pendaftar diharuskan membuat akun di situs tersebut.

Mengutip postingan @pt_jasaraharja, berikut langkah mendaftar mudik gratis Jasa Raharja.

  1. Lakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi;
  2. Setelah memastikan tiket tersedia, calon pemudik diwajibkan mengisi data diri secara lengkap dan benar;
  3. Setelah terunggah, sistem akan melakukan verifikasi secara otomatis. Calon pemudik akan mendapatkan tiket elektronik setelah data terverifikasi dengan benar;
  4. Tiket elektronik harus disimpan oleh calon pemudik dan wajib dibawa dan ditunjukkan kepada petugas saat keberangkatan

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa untuk armada bus yang berasal dari Jakarta akan mulai berangkat pada 18 April. Titik keberangkatan dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sedangkan titik keberangkatan moda kereta api akan berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada 15 dan 16 April nanti.

Program mudik gratis bersama BUMN dilakukan dengan tujuan untuk mengalihkan pengguna kendaraan khususnya sepeda motor ke transportasi umum yang sudah memenuhi standar keselamatan transportasi sehingga meminimalisir risiko kecelakaan di jalanan.

Di sisi lain, tahun ini jumlah pemudik dengan menggunakan sepeda motor diprediksi naik. Berdasarkan survei Badan Kajian Transportasi (BKT) tahun ini angka pemudik sepeda motor diprediksi mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total 123,8 juta masyarakat yang berencana pulang kampung di momen Lebaran 2023.

Itulah informasi terkait program Mudik Gratis BUMN. Untuk memantau berita menarik lainnya kunjungi VOI.ID.