<i>Gaspol</i>, Tiba di Polandia Naik Kereta 11 Jam, Presiden Jokowi Langsung Terbang ke Rusia Temui Presiden Putin
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di pintu pesawat yang akan membawanya ke Rusia. (Situs Presiden Republik Indonesia/BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerjanya di Benua Eropa dengan terbang ke Rusia, untuk menemui Presiedn Vladimir Putin, bagian dari upaya misi perdamaian di tengah peperangan negara itu dengan Ukraina.

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022 sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

"Dari stasiun, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia dan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat," mengutip situs Presiden Republik Indonesia Kamis 30 Juni.

"Siang hari nanti, di hari kelima kunjungan kerjanya ke luar negeri, Presiden Jokowi dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin," lanjut situs tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan rombongan terbatas melakukan kunjungan ke Ukraina. Di negara yang tengah dilanda perang tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sempat meninjau lokasi kompleks apartemen yang hancur akibat serangan Rusia, serta menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada fasilitas kesehatan yang ada di Kyiv.

Sorenya, Presiden Jokowi diterima langsung oleh Presiden Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, membahas sejumalah permasalahan, mulai dari perang yang terjadi hingga rekonstruksi pasca-perang.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," tulis Presiden Jokowi di Twitter sebelum perjalanan ke Ukraina.