Polisi Sudah Periksa Saksi dan Ahli Usut Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi, Siapa Saja Mereka?
Roy Suryo/DOK VOI: Rizky Adytia

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Siber Bareskrim Polri terus mengusut pengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejauh ini sejumlah saksi dan ahli sudah dimintai keterangan.

"(Sudah, red) Meminta keterangan para saksi ahli dan saksi-saksi lainnya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi, Senin, 27 Juni.

Namun, tak dirinci perihal jumlah saksi dan ahli sudah dimintai keterangan perihal kasus tersebut.

Gatot hanya menyebut pemeriksaan saksi dan ahli ini guna mencari alat bukti serta petunjuk. Sehingga, nantinya akan dilakukan gelar perkara untuk memutuskan kasus ini bisa atau tidak naik ke tahap penyidikan

Sementara kasus meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokow ini masih berstatus penyelidikan.

"Sampai saat ini penyidik Ditsiber masih terus melakukan penyelidikan," kata Gatot.

Pada kesempatan sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan pihaknya sedang mendalami dan menelusuri pelaku pembuat meme tersebut.

"Sedang didalami dan profiling oleh siber," kata Dedi.

Sebagai informasi, Roy Suryo yang mengunggah meme stupa ornamen tubuh candi dengan wajah diduga mirip kepala negara. Foto itu diunggah melalui akun Twitternya @KRMTRoySuryo2.

Foto meme berlatar belakang Candi Borobudur itu diberi narasi yang menyentil rencana pemerintah mematok tarif masuk Candi Bodobudur dengan nominal tinggi.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR,” tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Namun, Roy Suryo sudah menurunkan unggahan meme stupa Candi Borobudur yang menyerupai wajah Presiden Joko Widodo tersebut. Unggahan ini ramai dikritik karena dinilai menghina agama Budha dan Jokowi.