PSI: Pembuat Meme Candi Borobudur Mirip Jokowi Tidak Penting, Roy Suryo Menyebarkan dan Melecehkan tapi Merasa Tidak Bersalah Lebih Penting
Eks Menpora Roy Suryo dan politikus PSI Gun Romli (gunromlicom-pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) M Guntur Romli terus memberikan kritik kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang terbelit polemik meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gun Romli menganggap masalah utama dari polemik itu adalah Roy Suryo yang ikut menyebarkan kemudian menjadi ramai.

Dia menilai pembuat dan pengunggah pertama foto editan menjadi meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokowi itu tidak penting dipersoalkan.

"Tidak penting siapa yang buat dan akun-akun anonim itu," kata pria karib disapa Gun Romli itu dalam akun Twitternya, @GunRomli, Jumat 17 Juni.

Respons Roy Suryo yang merasa tidak bersalah atas perilakunya menyebarkan meme, lanjut Gun Romli, juga menjadi unsur penting pakar telematika itu dianggap masalah utama daripada tiga akun pengunggah pertama meme.

Gun Romli juga menilai pakar telematika itu mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokowi atas dasar sebagai objek tertawaan. Dia menganggap itu tindakan pelecehan.

"Karena yang paling penting adalah kelakuan Roy Suryo yang ikut menyebarkan, memposting untuk bahan tertawaan dan pelecehan serta tidak merasa bersalah sama sekali awalnya," ujarnya.

Berdasarkan peniliannya terhadap Roy Suryo, Gun Romli mendesak pihak kepolisian memproses eks kader Partai Demokrat tersebut.

"Roy Suryo harus diperiksa polisi," tegasnya.

Seperti diketahui, Roy Suryo melalui kuasa hukumnya, Pitra Romadoni, melaporkan tiga akun yang mengunggah pertama kali meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Jokowi di media sosial.

Laporan itu dilayangkan pihak Roy Suryo ke Polda Metro Jaya pada Kamis 16 Juni, malam.