Banyak Eskalator Tapi Hanya Satu yang Aktif di Manggarai: PT KCI Dipertanyakan Keseriusannya Melayani Masyarakat Pengguna KRL
Tangkap layar video viral Stasiun Commuter Line Manggarai warga berdesakan di eskalator

Bagikan:

JAKARTA - Viralnya ribuan pengguna kereta rel listrik (KRL) yang berdesakan mengantre menggunakan fasilitas eskalator di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, mendapat sorotan dari pengamat transportasi massal.

Analis Kebijakan Transportasi, Azas Tigor Nainggolan menegaskan, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang merupakan pengelola KRL harusnya bertanggungjawab atas semua fasilitas pelayanan yang ada di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

"Itukan fasilitas layanan publik, ya harus siap digunakan oleh publik sebaik mungkin. Harus disediakan," kata Azas saat dikonfirmasi VOI, Jumat, 17 Juni.

Pihaknya pun beberapa waktu lalu melakukan pengecekan di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dari hasil pengecekan itu, pihaknya menemukan kurangnya fasilitas layanan informasi yang ada di Stasiun Manggarai.

"Beberapa hari lalu, saya ke Stasiun Manggarai. Itu susah, informasi minim, fasilitas yang bisa digunakan juga terbatas," bebernya.

Azas meminta PT KCI lebih serius dalam memberikan pelayanan terhadap pengguna moda transportasi massal itu.

"Ini harus diperhatikan, diperbaiki dan disediakan supaya pengguna tidak dirugikan," tegasnya.

Dalam hal pelayanan dan fasilitas publik di area Stasiun, menurut Azas, PT KCI harus betul - betul memperhatikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna KRL.

"Itu tanggungjawabnya pengelola, dalam hal ini pengelola KRL PT KCI. Itu harus siap. Kalau memang ada kerusakan, ada problem itu harus segera diperbaiki," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, penumpukan ribuan penumpang kereta Commuter Line terjadi di Stasiun Manggarai pada Kamis, 16 Juni, sore.

Fenomena itu pun direkam video amatir salah satu pengguna kereta Commuter Line yang memperlihatkan drama penumpang kereta berdesakan di dalam Stasiun Manggarai menunggu antrian penggunaan eskalator.

Terlihat hanya satu eskalator yang aktif digunakan para pengguna moda transportasi publik itu. Sementara satu eskalator lainnya terlihat kosong tidak dapat digunakan.

Para pengguna kereta Commuter Line pun berjejal di atas peron Stasiun mengantre naik eskalator. Dari postingan video di akun Instagram itu, tertulis narasi suasana antrian calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Kamis, 16 Juni, petang.

Video itu menjadi viral di media sosial. Sejumlah Warganet turut memberikan komentar kritikan bagi pengelola kereta Commuter Line.