Sievierodonetsk Berisiko Menjadi Seperti Mariupol, Ukraina Butuh 500 Tank, 1.000 Howitzer dan 1.000 Drone dari Barat
Bangunan di Sievierodonetsk Ukraina terkena serangan Rusia. (Wikimedia Commons/Міністерство внутрішніх справ України)

Bagikan:

JAKARTA - Ukraina telah mengeluarkan seruan mendesak untuk pengiriman lebih banyak senjata, guna membantu mempertahankan Sievierodonetsk, yang dinilai Kyiv dapat menjadi kunci pertempuran di wilayah Donbas timur dan jalannya perang secara keseluruhan yang sudah memasuki bulan keempat.

Komando militer Ukraina mengatakan dalam sebuah catatan singkat bahwa pasukan Rusia berusaha untuk mengambil kendali penuh atas Sievierodonetsk, tetapi serangan terhadap posisi Ukraina di tenggara kota telah gagal.

"Pertempuran begitu sengit sehingga pertempuran tidak hanya untuk satu jalan, tetapi untuk satu gedung tinggi dapat berlangsung selama berhari-hari," kata Gubernur wilayah Lugansk yang mencakup Sievierodonetsk. Gaidai, melansir Reuters 14 Juni.

Tembakan artileri Rusia menghantam pabrik kimia Azot, tempat ratusan warga sipil berlindung, tambahnya.

Sementara itu, Damien Magrou, juru bicara Legiun Internasional untuk Pertahanan Ukraina yang memiliki pasukan di Sievierodonetsk mengatakan, situasi di sana berisiko menjadi seperti Mariupol, "dengan kantong besar pembela Ukraina terputus dari sisa pasukan Ukraina."

"Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting bahwa mitra Barat kami mengirimkan artileri jarak jauh secepat mungkin," ujarnya.

Terpisah, Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mendaftarkan peralatan yang menurutnya dibutuhkan dari sekutu Barat untuk keseimbangan senjata berat, termasuk 1.000 howitzer, 500 tank dan 1.000 drone.

Sementara itu, Kantor berita Rusia RIA mengutip juru bicara separatis pro-Moskow, Eduard Basurin mengatakan, pasukan Ukraina telah diblokade di Sievierodonetsk, pilihannya menyerah atau mati.

Laporan Ukraina tentang warga sipil yang terperangkap di sebuah pabrik industri menggemakan kejatuhan Mariupol bulan lalu, di mana ratusan warga sipil dan tentara Ukraina yang terluka parah terperangkap selama berminggu-minggu di pabrik baja Azovstal.

Untuk diketahui, setelah gagal merebut ibu kota Kyiv setelah invasi 24 Februari, Moskow fokus pada perluasan kendali di Donbas, yang terdiri dari Lugansk dan Donetsk yang bertetangga.

Di sini, separatis pro-Rusia telah menguasai wilayah sejak 2014, sementara juga mencoba untuk merebut lebih banyak wilayah Hitam Ukraina. pantai laut.

Di sepanjang garis depan di Donbas, pertempuran menimbulkan ancaman baru saat cuaca menghangat, dengan penembakan dan tembakan roket yang membakar ladang dan menghancurkan tanaman yang matang.

Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang disebutnya 'operasi khusus' untuk memulihkan keamanan Rusia dan 'mendenazifikasi'tetangganya.

Sementara, Ukraina dan sekutu Baratnya menyebut ini sebagai dalih tak berdasar, untuk invasi yang telah menewaskan ribuan warga sipil dan menimbulkan kekhawatiran akan konflik yang lebih luas di Eropa.

Akibatnya, lebih dari 5 juta orang telah mengungsi akibat invasi yang dimulai 24 Februari lalu, dengan jutaan lainnya terancam oleh krisis energi dan pangan global karena terganggunya pasokan gas, minyak dan biji-bijian dari Rusia dan Ukraina.