MAKKAH - Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif mengharapkan Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara dapat memberikan layanan terbaik kepada jamaah calon haji Indonesia dan tahun ini harus menjadi teristimewa dibanding sebelumnya.
"Tahun ini ada proses yang diberikan sebagai peningkatan kualitas layanan," kata Khanif dikutip dari Antara, Minggu 12 Juni.
Sebelumnya, petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Mekkah bertemu dengan Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara dalam pertemuan malam taaruf atau pengenalan.
Khanif mengatakan, menurut Direktur Administrasi Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara Adnan Mandourah pelayanan yang ditingkatkan termasuk jumlah petugas dari maktab-maktab yang tadinya delapan menjadi 12, untuk meningkatkan kualitas, termasuk di masa masyair atau puncak haji.
Peningkatan layanan lainnya, misalnya ruang atau jarak antarjemaah menjadi lebih lebar dibandingkan ketika jumlah jamaah normal di tenda-tenda di Mina.
Selain itu, tersedianya fasilitas tidur, sedangkan pada musim haji sebelumnya hanya alas karpet, kemungkinan karena ruang atau jarak antarjemaah terlalu sempit.
BACA JUGA:
Direktur Administrasi Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara Adnan Mandourah pada malam taaruf menyampaikan salam dari Raja Salman kepada jamaah haji Indonesia.
"Insya Allah banyak keistimewaan dari tahun sebelumnya, yang membuat jamaah haji lebih nyaman," katanya.
"Kami juga merasa bangga kepada jemaah haji Indonesia sebagai tamu-tamu Allah, kami siap melayani mereka dengan sebaik-baiknya," ujar dia.