Padati Kakbah, Calon Haji Indonesia 2022 Umrah Wajib Perdana
Jemaah calon haji Indonesia menjalani umrah wajib perdana di Masjidil Haram setelah dari Madinah, Senin 13 Juni.(Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Jemaah calon haji Indonesia mulai melakukan umrah wajib perdana dan memadati Kakbah pada Senin dini hari Waktu Arab Saudi (WAS) setelah sebelumnya tiba dari Madinah pukul 23.00 WAS.

Dari hotel tempat mereka menginap, jemaah diantar dengan bus shalawat, bus yang disediakan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Jemaah tiba di Masjidil Haram pukul 03.00 WAS dan memadati area tawaf. Umrah wajib atau tawaf qudum adalah bagian dari rangkaian ibadah haji.

Sebanyak 358 JCH dari Embarkasi Solo (SOC1) merupakan jemaah pertama yang tiba di Mekkah, setelah sekitar sembilan hari melaksanakan ibadah Arbain (shalat wajib berjemaah 40 waktu) di Madinah.

Setelah mengelilingi Kakbah sebanyak tujuh kali, jemaah melakukan sai, yaitu lari-lari kecil sebanyak tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah, selanjutnya memotong rambut atau tahallul.

Jemaah SOC1 tiba di Hotel Kiswah, Mekkah setelah menempuh perjalanan sekitar enam jam dari Madinah pada Minggu pukul 23.00 WAS.

Kedatangan jemaah disambut Konjen RI di Jeddah Eko Hartono didampingi Direktur Administrasi Lembaga Muthawif Haji Asia Tenggara Adnan H Mandourah serta Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah Mukhammad Khanif.

"Ini adalah kloter pertama yang tiba 4 Juni dari Embarkasi Solo. Harapan kita seluruh jemaah diberi kesehatan, dapat menjalankan ibadah dengan baik, sehingga perjalanan ibadah haji mereka bisa berjalan dengan baik," kata Eko Hartono mengutip Antara.

Eko berharap jemaah dapat beribadah dengan baik. Ia mengingatkan bahwa haji adalah ibadah fisik. Karenanya, semangat beribadah harus diimbangi dengan kemampuan menjaga diri. Apalagi, saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Selain Embarkasi SOC1, jemaah yang tiba di Mekkah dalam waktu yang sama adalah dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG1) sebanyak 388 jemaah yang ditempatkan di hotel Al Lulu'ah Hotel di Sektor 3 Raudhah.