Veto Upaya Sanksi PBB yang Dipimpin AS Terhadap Korea Utara, China: Mari Kita Lihat Apa yang akan Terjadi
Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun. (Sumber: FMPRC.Gov.Cn)

Bagikan:

JAKARTA - China memveto upaya yang dipimpin Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) terhadap Korea Utara, terkait peluncuran rudal balistik baru.

Duta Besar China untuk PBB Zhang Jun mengatakan, Beijing tidak ingin melihat Korea Utara melakukan uji coba nuklir baru. Tetapi ia juga memperingatkan, agar tidak membuat praduga tentang bagaimana Beijing akan bereaksi di PBB jika Korea Utara melanjutkan uji coba nuklir pertamanya sejak 2017.

Sebelumnya, Washington telah memperingatkan uji coba semacam itu dapat terjadi kapan saja dan sekali lagi, akan mendorong lebih banyak lagi. sanksi PBB.

"Mari kita lihat apa yang akan terjadi, tapi saya pikir kita tidak boleh berprasangka apa yang akan terjadi dengan uji coba nuklir," kata Zhang kepada Reuters, dua minggu setelah China dan Rusia memveto penerapan sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara, seperti dikutip 10 Juni.

"Denuklirisasi adalah salah satu tujuan utama China. Kami tidak ingin melihat tes lain," tandasnya.

Veto ganda secara terbuka memecah 15 anggota Dewan Keamanan untuk pertama kalinya sejak mulai menghukum Pyongyang pada 2006. Badan itu terus dan dengan suara bulat menaikkan sanksi selama bertahun-tahun, dalam upaya guna memotong dana untuk senjata nuklir Korea Utara dan program rudal balistik.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir China dan Rusia telah mendorong pelonggaran sanksi atas dasar kemanusiaan, dengan harapan Korea Utara dapat diyakinkan untuk kembali ke negosiasi dengan Amerika Serikat, untuk menyerahkan senjata nuklirnya.

"Hanya dengan dialog kita melihat perbaikan situasi. Dengan sanksi, kita melihat kemunduran lebih lanjut. Posisi dasar kami sangat jelas - sanksi tidak menyelesaikan masalah," papar Zhang.

Diketahui, Korea Utara telah melakukan lusinan peluncuran rudal tahun ini, termasuk rudal balistik antarbenua, melanggar moratorium uji coba yang diberlakukan sendiri.

Zhang telah mendesak Washington untuk melonggarkan sanksi sepihak terhadap Korea Utara, mengakhiri latihan militer bersama dengan Korea Selatan dalam upaya untuk menghidupkan kembali pembicaraan dengan Pyongyang.

Sementara, Amerika Serikat mengatakan telah berulang kali menjangkau Korea Utara, tetapi tidak menerima tanggapan atas tawaran pembicaraannya tanpa prasyarat.

"Ke AS, kami meminta mereka untuk mengambil tindakan nyata dan terlibat dalam dialog. Kami juga mengatakan kepada teman-teman DPRK kami untuk benar-benar terlibat dalam dialog serius dengan Amerika Serikat," kata Zhang, merujuk pada nama resmi Korea Utara - Korea Utara. Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

Zhang mengatakan bukan misi yang mustahil untuk memulai kembali pembicaraan antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

"Amerika Serikat adalah negara adidaya nomor satu di dunia. Jika Amerika Serikat ingin berdialog dengan siapa pun di dunia, itu bukan hal yang sulit. Terserah DPRK untuk membuat keputusan, tapi pasti kesediaan kami ada di sana," pungkasnya.