KIB Sepakat Usung Capres dari Eksternal, Tapi Golkar Tetap Calonkan Airlangga
Airlangga Hartarto/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Partai Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersepakat untuk terbuka mengusung calon presiden (capres) dari eksternal ketiga parpol tersebut pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. 

Tapi, internal Partai Golkar sendiri masih tetap akan mencalonkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai Capres 2024.

"Partai Golkar masih konsisten dengan keputusan Munas 2019 yang lalu. Di mana Pak Airlangga adalah calon presiden dari Partai Golkar," ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, Selasa, 7 Juni. 

Kendati demikian, Ketua DPD Golkar Jawa Barat ini mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bisa langsung membahas kesimpulan soal siapa capres. Sebab menurutnya, pertama kali yang harus dibahas adalah kerangka kerja strategi pemenangan, kemudian visi misi dan platform yang diperjuangkan oleh KIB di Pemilu 2024, dan berbagai isu-isu nasional dan global.

Ace menuturkan, dalam konteks Koalisi Indonesia Bersatu, Golkar bersama PAN dan PPP harus membahas bersama dengan ketum parpol yang tergabung di dalamnya. Karena, kata Ace, pembahasan di KIB ini ibarat sebuah buku, ada banyak bab di dalamnya hingga akhirnya diputuskan siapa capresnya.

"Pembahasan tentang siapa capresnya, Pak Airlangga kan jelas sekali beliau menyampaikan, seperti kita menyusun sebuah buku. Ada chapter pendahuluan, ada chapter pembahasan, ada chapter menjelang kesimpulan," tuturnya.

Namun, Ace mengatakan Golkar terus mendorong elektabilitas Airlangga agar semakin tinggi. Dan pada waktu yang tepat, KIB akan memutuskan siapa capresnya.

"Sambil bersamaan dengan itu tentu Partai Golkar sendiri pasti akan terus mendorong agar Pak Airlangga elektabilitasnya semakin tinggi dan kami yakin bahwa pada saatnya kami akan segera memutuskan siapa calon presidennya," tandas Ace.