Dibagi 2 Kloter, 146 Calon Haji Palangka Raya Mulai Berangkat 18 Juni
Wukuf di Arafah bagian dari ibadah Haji pada Juli 2021. (Antara/Reuters)

Bagikan:

PALANGKA RAYA - Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan jemaah calon haji dari Kota Palangka Raya berangkat ke Makkah pada tahun ini terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter)

"Untuk jemaah Kota Palangka Raya ada 146 orang. Terbagi jadi dua kloter yakni kloter 5 sebanyak 144 jamaah dan kloter 7 ada 32 jemaah," ujar Kepala Kemenag Kota Palangka Raya Nur Widiantoro di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat 3 Juni.

Dia menerangkan, JCH Palangka Raya yang berangkat pertama kali akan turun di Madinah dan baru menuju ke Makkah usai melaksanakan sejumlah proses ibadah.

Para calon haji yang berangkat untuk tahap kedua akan di Jeddah, kemudian melanjutkan ke Mekkah dan terakhir ke Madinah.

Jemaah calon haji asal "Kota Cantik" (sebutan untuk Palangka Raya) ini direncanakan berangkat ke Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan setelah secara seremonial dilepas oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada Kamis 16 Juni malam.

"Karena jemaah kita sudah harus masuk ke Embarkasi Banjarmasin pada Jumat (17 Juni) pagi," kata dia.

Dia mengatakan secara umum seluruh panitia telah siap memberangkatkan JCH. Namun saat ini seluruh calon haji masih harus melaksanakan tahapan manasik.

"Pembayaran pelunasan dan semuanya sudah selesai. Persiapan yang sedang dilaksanakan adalah manasik haji yang mana sekali digelar Kementerian Agama dan dilanjutkan dua kali oleh Kantor Urusan Agama (KUA)," katanya.

Seluruh calon haji Provinsi Kalteng yang berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin akan bertolak ke Arab Saudi pada kloter 5, 6, dan 7.

Untuk rencana keberangkatan, yakni kloter 5 dari Embarkasi Banjarmasin pada 18 Juni, kloter 6 pada 19 Juni, serta kloter 7 pada 21 Juni 2022.

Total jumlah mereka berangkat haji pada 2022 sebanyak 752 orang, terdiri atas JCH murni sebanyak 731 orang, sedangkan lainnya KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah), PHD (Petugas Haji Daerah), serta lainnya.