200 Kamar di Asrama Haji Palembang Mulai Terisi Calon Haji, Hari Ini dari OKU Berangkat ke Makkah Besok
Calon haji tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi pada Juli 2021. (ANTARA FOTO-REUTERS-Ahmed Yosri)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengelola Asrama Haji Palembang mulai melayani 450 calon haji Palembang yang dijadwalkan berangkat ke Makkah, Arab Saudi pada Sabtu 25 Juni pagi.

Jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) Palembang dijadwalkan terbang ke Tanah Suci melalui Embarkasi Haji Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Hari ini mulai masuk JCH kloter pertama dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, untuk melayani mereka disiapkan 200 lebih kamar," kata Pengelola Asrama Haji Palembang Achmad Yani di Palembang, Sumsel, dikutip dari Antara, Jumat 24 Juni.

Kedatangan JCH OKU Timur itu disambut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan Syafitri Irwan selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bersama anggota PPIH lainnya.

Menurut dia, kamar yang tersedia di asrama haji ini lebih dari cukup untuk menampung jemaah calon haji yang setiap kloternya maksimal 450 orang, karena setiap kamarnya mampu menampung empat orang.

Untuk memberikan kenyamanan bagi JCH, pihaknya menyiapkan puluhan petugas setiap saat melayani tamu tersebut selama berada di asrama haji, katanya.

Berdasarkan data, JCH asal Sumsel yang diberangkatkan melalui Embarkasi Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mencapai 3.183 orang.

Selain itu, ada juga 486 calon haji dari provinsi tetangga Bangka Belitung yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Palembang menginap di asrama haji ini.

JCH yang menginap bisa memanfaatkan fasilitas manasik yang ada di lingkungan asrama haji sehingga persiapan ibadahnya benar-benar maksimal.

Sebelum berangkat jemaah bisa melakukan manasik bersama dengan memanfaatkan replika lintasan tawaf dan sa'i seperti yang ada di kawasan Masjidil Haram, Makkah, kata pengelola asrama haji.

Sementara Kasi Lantaskim Imigrasi Palembang Adep Yoenoes menjelaskan bahwa timnya siap memfasilitasi keberangkatan JCH kloter pertama asal Sumatera Selatan dengan mengupayakan pemeriksaan dokumen keimigrasiannya Jumat 24 Juni malam sehingga pemberangkatannya sesuai jadwal yang ditetapkan.

Ratusan calon haji kloter pertama dari Kabupaten OKU Timur, Sumsel itu dijadwalkan berangkat terbang melalui Bandara SMB II Palembang ke Bandara King Abdul Aziz Mekah, Sabtu 25 Juni, pukul 05.35 WIB.

Tim tersebut menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan 3.000 lebih jemaah asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung itu yang dibagi dalam sembilan kelompok terbang (kloter) pada pemberangkatan JCH gelombang kedua hingga 2 Juli 2022.

"Menghadapi pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 ini tim kami siap memberikan pelayanan keimigrasian sebaik mungkin untuk memudahkan keberangkatan dan kepulangan JCH embarkasi dan debarkasi Palembang," ujar Adeb.