Bagikan:

GARUT - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan jamaah calon haji pertama asal Garut sebanyak 432 orang sudah siap dan telah berangkat menuju Embarkasi Bekasi untuk selanjutnya terbang menuju Makkah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Garut Saepulloh membenarkan kelompok terbang (kloter) 2 atau gelombang pertama dari Garut sebanyak 432 ditambah delapan petugas haji delapan sudah diberangkatkan dari Garut dan sudah tiba di Embarkasi Bekasi, Sabtu dini hari.

"Diberangkatkan calon jamaah haji tahun 2024 dari Kabupaten Garut yang tergabung dalam Kloter 2 dengan jumlah 432 orang, ditambah delapan petugas," kata Saepulloh.

Ia menuturkan seluruh calon jamaah haji sudah diberangkatkan dengan dilakukan pelepasan secara seremonial dihadiri perwakilan dari unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Pemkab Garut di kawasan Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Jumat (9/5) malam.

Calon jamaah haji yang diberangkatkan dengan bus itu, kata dia, akan mendapatkan pengawasan dari petugas haji yang terdiri dari tim kesehatan dan pendamping. "Insya Allah mereka akan berjibaku mewujudkan bagaimana para jamaah bisa nyaman dalam melaksanakan ibadah haji," katanya.

Seluruh calon jamaah haji asal Garut yang berjumlah 2.003 orang itu, kata dia, dibagi lima kloter yang secara administrasi dan persyaratan pemberangkatan sudah siap menunaikan ibadah haji.

"Insya Allah seluruh jamaah yang tergabung dalam Kloter 02 ini sudah siap berangkat dengan niat ikhlas, niat tulus, siap untuk sabar, siap untuk ikhlas, dan siap untuk senantiasa bersyukur kepada Allah," katanya.

Asisten Daerah I Bidang Pemerintah Kesra Pemkab Garut Bambang Hafidz menambahkan seluruh jamaah haji akan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah daerah maupun pusat agar setiap rangkaian pelaksanaannya berjalan lancar.

"Dari mulai pemberangkatan sampai nanti pelaksanaan di Tanah Suci dan bisa kembali di Tanah Air juga itu dijamin pemerintah, jadi jangan mengkhawatirkan persoalan keluarganya," katanya.

Sementara itu calon jamaah haji dari Garut untuk Kloter 2 berangkat 10 Mei, kemudian Kloter 16 berangkat 16 Mei, Kloter 31 berangkat 24 Mei, Kloter 39 berangkat 29 Mei, dan Kloter 55 berangkat 5 Juni 2024.