Jumat 10 Juni, Delapan Kloter Jemaah Calon Haji Berangkat ke Saudi
Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak delapan kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji Indonesia diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat, dari lima embarkasi yakni Embarkasi Jakarta, Bekasi, Padang, Solo, dan Surabaya dengan total 3.226 calon dan petugas haji.

"Rencana keberangkatan jamaah calon haji pada Jumat, jumlah jemaah dan petugas yang akan diberangkatkan sebanyak delapan kelompok terbang dari lima embarkasi dengan jumlah 3.226 orang," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama Akhmad Fauzin dalam konferensi pers pelaksanaan haji di Jakarta, Jumat 10 Juni.

Ia merinci jamaah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Jakarta sebanyak satu kloter (393 orang), Bekasi dua kloter (820 orang), Padang satu kloter (393 orang), Solo dua kloter (720 orang), dan Surabaya dua kloter (900 orang).

Pada Jumat ini, jemaah calon haji yang tiba di Madinah sebanyak 2.805 orang, sehingga total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 14.757 orang.

Jemaah calon haji Indonesia yang masuk dalam gelombang satu seluruhnya mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Setelah sembilan hari menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah, jamaah selanjutnya diberangkatkan menuju Mekkah.

"Saat di Mekkah jamaah calon haji akan melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji," kata dia.

Di samping itu, ada laporan bahwa sejumlah jamaah calon haji telapak kakinya mengelupas karena berjalan di sekitar Masjid Nabawi yang kondisi cuacanya panas.

Ia mengingatkan jamaah selalu memakai alas kaki/sandal saat melewati pelataran Masjid Nabawi.

"Kami juga mengingatkan agar jamaah jangan menunggu haus, mengonsumsi vitamin, makan secara teratur, dan istirahat yang cukup," kata dia.