Mengetahui Jenazah Eril Ditemukan, Politikus Tanah Air Ramai-ramai Panjatkan Doa
Keluarga Ridwan Kamil di tepi sungai lokasi Eril hilang di Swiss. (Twitter @rkjabarjuara)

Bagikan:

JAKARTA - Jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril telah ditemukan di Bern, Swiss. Doa mengalir deras untuk keluarga Kang Emil di media sosial.

Salah satunya datang dari Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil A Simanjuntak. Eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah itu berharap Eril diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa.

"InsyaaAllah adinda Eril Husnul Khotimah. Kang @ridwankamil," kata Dahnil dalam akun Twitternya, @Dahnilanzar, Kamis 9 Juli.

Doa juga dipanjatkan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suyo. Awalnya roy yang mengaku berduka atas hilangnya putra pertama Ridwan Kamil itu bersyukur jenazah Eril telah ditemukan.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun atas Wafatnya Emmeril Kahn Mumtadz di Sungai Bern, Swiss, bbrp hari lalu. Alhamdulillah juga jasadnya berhasil ditemukan damn insyaa allah akan bisa dikembalikan ke Indonesia hari Minggu mendatang," ujar Roy dalam akun Twitternya, @KRMTRoySuryo2

Pakar telematika tersebut kemudian berharap keluarga dilapangkan dadanya menghadapi duka. "Semoga keluarga Ridwan Kamil tabah menerimanya. AMIIN," sambung Roy.

Ucapan serupa juga disampaikan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno. Edy berdoa agar Eril mendapatkan pahala syahid dengan diampuni segala dosa-dosanya yang disengaja maupun tidak disengaja.

"Allahu Akbar! Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi Wa'fuanhu. Semoga Allah berikan pahala syahid untuk ananda Eril," ujar Edy dalam akun Twitternya, @eddy_soeparno.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria juga tak ingin ketinggalan mendoakan Eril yang pergi lebih dahulu menuju kepangkuan Tuhan.

Kepada masyarakat, Riza juga mengajak untuk mendoakan keluarga Ridwan Kamil agar kuat menghadapi kabut duka semenjak kepergian Eril.

"Surga untuk Eril. Mari berdoa, semoga keluarga besar Kang @ridwankamil dlm kesabaran, amiin. Seperti disampaikan Kang RK "Eril, kamu niatnya pergi mencari ilmu dan pelajaran, malah akhirnya, kamulah yg memberikan ilmu dan pelajaran kepada kami semua," cuit Riza lewat akun Twitternya, @ArizaPatria.

Eril yang mengalami insiden di kawasan Aere dinyatakan hilang pada 26 Mei lalu. Ia merupakan buah hati Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya.

Kepolisian dan otoritas Swiss menemukan jenazah Eril di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu 8 Juni 2022 pagi waktu setempat. Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D Hadad, menyatakan, saat ini jenazah Eril sudah diambil pihak keluarga.

"Pihak pengadilan telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad ananda Eril," kata Muliaman saat konferensi pers secara daring bersama paman Eril, Elpi Nazmuzaman, Kamis 9 Juni.

Jenazah Eril diambil pihak keluarga setelah kepolisian dan otoritas Swiss melakukan identifikasi dan penelusuran DNA.