Bagikan:

JAKARTA - Polisi Inggris menangkap dua orang yang menerobos pengamanan parade militer dan berlari di depan tentara, saat perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II di London dimulai Hari Kamis.

Dua pria berlari keluar dari balik penghalang pengamanan, di mana puluhan ribu orang telah berkumpul di jalan raya The Mall yang mengarah ke Istana Buckingham, sejurus kemudian berbaring di depan sebuah marching band, rekaman menunjukkan.

Salah satu dari mereka tampak memegang spanduk, sementara salah seorang lainnya mengenakan mahkota emas di kepalanya, sebelum aparat kepolisian kemudian mengamankan orang-orang tersebut.

"Sejumlah penangkapan telah dilakukan terhadap orang-orang yang mencoba memasuki jalur upacara di The Mall. Penangkapan itu terkait ketertiban umum terkait dengan penyumbatan jalan raya," kata polisi di Twitter, melansir Reuters 2 Juni.

"Terima kasih kepada massa yang menunjukkan dukungannya dengan bertepuk tangan kepada petugas kami, yang kembali ke posnya setelah menangani insiden dengan cepat," sambung kepolisian.

Parade militer 'Trooping the Colour' yang penuh warna, yang berlangsung setiap tahun untuk merayakan ulang tahun resmi Ratu Elizabeth II, melibatkan sekitar 1.500 tentara dan perwira.

Untuk diketahui, Ratu Elizabeth II biasa mengambil bagian dalam parade itu sendiri dengan menunggang kuda sampai tahun 1986, lima tahun setelah insiden seorang pria melepaskan enam tembakan kosong ke arahnya saat dia lewat.

Ratu Elizabeth II ketika itu berhasil mengendalikan kudanya yang terkejut dalam prosesnya. Dia tidak terluka dan pria itu berhasil ditangkap.