Peringati Platinum Jubilee, Royal Mint Luncurkan Koin 70 Tahun Ratu Elizabeth II Bertakhta
Koin khusus 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta. (Instagram/The Royal Mint)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Elizabeth II akan menjadi pemimpin Kerajaan Inggris pertama yang merayakan Platinum Jubilee, atau 70 tahun berada di atas takhta kerajaan.

Menandai momen bersejarah ini, percetakan koin Kerajaan Inggris atau British Royal Mint meluncurkan koin 50p (penny/sen) pada Kamis lalu. Selain menampilkan lencananya dan tahun-tahun pemerintahannya, satu koin menampilkan raja di atas kuda.

Ratu berusia 95 tahun ini dikenal karena kecintaannya pada kuda, namun terungkap bahwa Ratu tidak pernah menunggang kuda sejak awal September.

"Dia merasa sedikit tidak nyaman. Dia suka berkuda dan itu telah menjadi bagian dari ritualnya hampir sepanjang hidupnya. Dia sangat kecewa karena tidak pergi berkuda sejak awal September," kata seorang sumber kepada The Sun seperti dikutip 6 Januari.

Sumber itu menambahkan, Ratu belum menutup olahraga untuk selamanya, dan dia bertekad untuk kembali ke pelana setelah istirahat.

koin platinum jubilee
Koin khusus 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta. (Instagram/The Royal Mint)

"Dirancang oleh seniman terhormat dan dibuat dengan keahlian asli, koin Platinum Jubilee Yang Mulia adalah karya seni abadi yang akan dikumpulkan, dihargai, dan diturunkan dari generasi ke generasi," Clare Maclennan, direktur divisi The Royal Mint di Llantrisant, mengatakan menurut BBC.

"Warisan Ratu pada koin memperpanjang masa pemerintahannya yang penting. Peluncuran hari ini menandai tonggak penting lainnya, dan Royal Mint memainkan bagian yang membanggakan dalam perayaan nasional," ujar sejarawan Museum Royal Mint Chris Barker.

Sementara mengutip Euronews, koin dibuat secara individual oleh karyawan di The Royal Mint, yang terletak di Ynysmaerdy, Wales.

Koleksi terbaru dari The Royal Mint juga menampilkan koin yang didedikasikan untuk penyanyi Inggris Dame Vera Lynn dengan lagu We'll meet again' terkait era Perang Dunia II, Commonwealth 2022 yang dihelat di Birmingham, serta penemu telepon Alexander Graham Bell.

koin platinum jubilee
Koin khusus 70 tahun Ratu Elizabeth II bertakhta. (Instagram/The Royal Mint)

Ratu Elizabeth II diberi kuda pertamanya (kuda poni Shetland) ketika dia baru berusia 4 tahun. Selain berkuda untuk bersenang-senang, Ratu sering menunggang kuda untuk acara-acara seperti Trooping the Color — perayaan publik ulang tahun raja. Koin itu muncul untuk menggambarkan Ratu pada kesempatan seperti itu, mengingat topi dengan bulu yang bisa dilihat.

Kecintaan Ratu Elizabeth terhadap menunggang kuda juga telah diturunkan ke generasi bangsawan berikutnya. Sang Putri, Putri Anne, menjadi anggota kerajaan pertama yang berkompetisi di Olimpiade ketika dia berkuda dalam acara berkuda tiga hari di Olimpiade 1976 di Montreal. Mengikuti jejaknya, putri Anne, Zara Tindall, berkompetisi di Olimpiade 2012 dan memenangkan medali perak sebagai anggota Tim Inggris Raya.

Untuk diketahui, dimulai pada 2 Juni, Ratu akan menandai 70 tahun pengabdiannya pada takhta dengan perayaan di seluruh Inggris. Acara akan mencakup Trooping the Color (perayaan publik tahunan untuk ulang tahun Ratu), pencahayaan suar Platinum Jubilee, layanan Thanksgiving di Katedral St. Paul, Derby di Epsom Downs, konser langsung yang disebut "Pesta Platinum di Istana," Makan Siang Jubilee Besar dan Kontes Jubilee Platinum.