Antrean Penumpang KRL Masih Padat, KAI Commuter Sediakan Feeder Manggarai-Bekasi Sore Hari
Kondisi di Stasiun Manggarai/DOK VOI-Riki Noviana

Bagikan:

JAKARTA - Kondisi Stasiun Manggarai hari ini masih dipadati antrean penumpang yang akan transit kereta setelah adanya perubahan atau switch over rute KRL. KAI Commuter pun kembali melakukan evaluasi untuk mengurai kepadatannya.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan pihaknya akan mengatur kembali flow pengguna KRL di Stasiun Manggarai khususnya pengguna yang akan menuju arah Bekasi/Cikarang.

Anne menuturkan, mulai pukul 12.00 WIB, perjalanan KRL lintas Cikarang juga akan dilayani di jalur 8 Stasiun Manggarai.

"Pengoperasian jalur 8 ini merupakan langkah optimalisasi pola transit pengguna di Stasiun Manggarai karena sudah memiliki akses tangga manual dan terdapat fasilitas eskalator dan lift bagi pengguna prioritas," kata Anne dalam keterangannya, Selasa, 31 Mei.

Selain itu, KAI Commuter juga akan menjalankan enam perjalanan KAI feeder relasi Manggarai-Bekasi PP untuk melayani pengguna yang transit di Stasiun Manggarai untuk menuju Bekasi/CIkarang pada sore hari.

"Feeder relasi Manggarai–Bekasi pukul 18.00 WIB, 19.27 WIB, dan 21.11 WIB. Lalu, relasi Bekasi–Manggarai pukul 18.42 WIB, 20.08 WIB, dan 21.48 WIB," ucap Anne.

Berdasarkan pencatatan KAI Commuter, total volume pengguna KRL pada hari ini hingga pukul 10.00 WIB sebanyak 200.093 orang. Sementara itu pada Senin, 30 Mei kemarin, total pengguna KRL Jobodetabek sebanyak 605.527 pengguna.

Di mana, 23 persen dari jumlah pengguna tersebut atau sekitar 139 ribu pengguna yang transit di Stasiun Manggarai.

Anne juga menyatakan terdapat alternatif perjalanan bagi pengguna KRL lintas Cikarang. Seperti pengguna di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang tujuan Bekasi/Cikarang bisa melakukan perjalannya menggunakan KRL skema pola opeasi full racket dengan relasi Manggarai – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen –Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang.

"Jadwal-jadwal KRL full racket pemberangkatan Stasiun Sudirman yang bisa menjadi alternatif perjalanan menuju Bekasi/Cikarang via Kampung Bandan-Jatinegara pada jam pulang kerja sore hari yaitu KRL 5549 pukul 17.00 WIB, KRL 5551 pukul 17.34 WIB, KRL 5553 pukul 18.16 WIB, KRL 5555 pukul 18.50 WIB, KRL 5557 pukul 19.31 WIB, KRL 5559 pukul 20.38 WIB dan KRL 5561 pukul 21.17 WIB," jelasnya.

Sedangkan para pengguna KRL yang dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa transit di Stasiun Kampung Bandan untuk menggunakan KRL skema pola operasi full racket relasi Kampung Bandan – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.

"Begitupun sebaliknya pengguna KRL dari arah Bekasi/Cikarang untuk tujuan Jakarta Kota bisa transit di Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Jakarta Kota dengan menggunakan perjalanan KRL relasai Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan," imbuh Anne.