KRL Alami Gangguan, Penumpang di Stasiun Sudirman Kecewa Adanya Keterlambatan Perjalanan
Penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line di Stasiun Sudirman. (Foto: Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian penumpang kereta rel listrik (KRL) Commuter Line yang telah melakukan aktivitas Car Free Day di kawasan Sudirman mengaku kecewa setelah mendapat kabar operasional KRL di Stasiun Sudirman terhenti lantaran ada gangguan teknis di Stasiun Manggarai.

Salah satu penumpang KRL Commuter Line, Lastri mengatakan, dirinya usai berolahraga hendak istirahat dan berharap bisa cepat sampai rumah.

Namun, kenyataannya sejak pukul 09.00 WIB belum ada kereta yang melintas.

"Kita kan abis olah raga mau nya cepet sampe rumah terus istirahat. Tapi malah ada gangguan. Kesel lah," ujar Lastri di Stasiun Sudirman, Minggu, 27 November.

Lebih lanjut, Lastri mengatakan, yang membuat dirinya lebih kesal adalah petugas stasiun tidak ada yang bisa menjelaskan kerusakan teknis seperti apa yang katanya terjadi di Stasiun Manggarai.

"Ini bisa saja akal-akalan manajemen Commter Line untuk menghemat pengeluaran," sesalnya.

Bahkan, salah seorang petugas stasiun menggunakan alat pengeras suara memberi pengumuman jika kereta yang menuju Bekasi dari Duri belum bisa berjalan karena ada gangguan.

Begitu juga untuk kereta dari Manggarai yang menuju Tanah Abang belum bisa diberangkatkan.

"Untuk pengguna kereta yang hendak bepergian bisa menggunakan transportasi lain," ucap petugas stasiun melalui pengeras suara.

Sementara itu, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengakui adanya kendala pada perjalanan KRL lintas Stasiun Manggarai-Tanah Abang pada Minggu, 27 November.

Kendala tersebut terjadi pada rangkaian Commuter Line yang sebelumnya mengalami kendala di Stasiun Kampung Bandan.

"Rangkaian Commuter Line yang sebelumnya anjlok di Stasiun Kampung Bandan ini ditarik dengan kereta penolong menuju pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut di Balai Yasa Manggarai," kata Anne.

Dikatakan Anne, dikarenakan rangkaian yang anjlok tersebut mengalami kerusakan yang cukup berat, akhirnya rangkaian kembali mengalami kendala saat akan memasuki Stasiun Manggarai.

"Akibat kendala tersebut, perjalanan commuterline lintas Manggarai-Tanah Abang ataupun sebaliknya tidak bisa dilalui," ucapnya.

Menurutnya, untuk perjalanan Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Angke via Manggarai perjalananya hanya sampai Jatinegara atau Manggarai untuk kembali ke Bekasi/Cikarang.

Sementara itu, perjalanan Commuter Line relasi Cikarang/Bekasi-Angke via Pasar Senen perjalanannya hanya sampai Pasar Senen atau Kemayoran untuk kembali ke Bekasi/Cikarang.

"Saat ini petugas gabungan dari KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta sedang melakukan proses penangananan kendala tersebut. Perjalanan commuterline lintas lainnya tidak mengalami kendala," katanya.