Hari Kedua Lebaran, Pengguna KRL Meningkat
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia mencatat ada kenaikan pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek pada hari kedua lebaran. Sejak beroperasi pukul 04.00 sampai pukul 10.00 WIB tercatat sebanyak 70.906 pengguna telah menggunakan jasa KRL.

"Pada hari kedua lebaran ini terlihat ada peningkatan jumlah pengguna yang memanfaatkan jasa layanan KRL, dan kebanyakan adalah para pengguna musiman," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Jumat, 14 Mei.

Anne memperkirakan, angka penumpang KRL hingga kereta terakhir pukul 20.00 WIB nanti akan lebih besar dari hari pertama lebaran kemarin. Tercatat, pengguna KRL pada 13 Mei sepanjang hari sebanyak 226.767.

Anne melanjutkan, KAI Commuter menambah enam jadwal perjalanan kereta yang sebelumnya selama masa larangan mudik 6-17 Mei tidak dijalankan. Hal ini dilakukan setelah mendapat evaluasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, selama masa lebaran, KAI Commuter beroperasi terbatas dengan jam operasional 04.00 - 20.00 WIB setiap harinya, menjalankan 886 perjalanan KRL.

"KAI Commuter terus melakukan antisipasi layanan KRL Jabodetabek pada masa libur lebaran ini. Antisipasi lebih lanjut juga dilakukan sesuai hasil dari kunjungan Bapak Menteri Perhubungan ke Stasiun Manggarai pada Jumat pagi ini," jelas dia.

Anne menjamin petugas akan tegas mengatur penggunaan masker sesuai aturan dan mengupayakan jaga jarak diantara para pengguna. 

"Penambahan petugas untuk menertibkan protokol kesehatan juga akan dilakukan di sejumlah stasiun yang berpotensi padat antara lain Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Pasar Minggu, Stasiun Bogor, serta Stasiun Bekasi," tuturnya.