Dibuka April Lalu, Jembatan Kaca di Vietnam Ini Pecahkan Rekor Guinness World Records
Jembatan kaca terpanjang di dunia yang ada di Vietnam. (Instagram/GMA News)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah jembatan setapak berlantai kaca di Vietnam, yang dibuka untuk umum pada Bulan April lalu, telah dinyatakan sebagai jembatan terpanjang di dunia dari jenisnya oleh Guinness World Records.

Rekor sebelumnya untuk jembatan berlantai kaca terpanjang di dunia dipegang oleh sebuah bangunan berukuran panjang 1.726 kaki di Guangdong, China seperti melansir CNN 30 Mei.

Terletak di wilayah dataran tinggi pedesaan Provinsi Son La, di barat laut Vietnam, jembatan Bach Long menghubungkan pengunjung ke resor pegunungan yang populer dan menawarkan pemandangan panorama hutan hujan pegunungan yang rimbun.

Berdiri kokoh sekitar 492 kaki di atas tanah dan berukuran panjang 2.073 kaki, jembatan kaca ini adalah hasil kolaborasi bersama antara otoritas pariwisata lokal dan perusahaan konstruksi Prancis untuk menghidupkan kembali pariwisata, yang sangat terpukul oleh pandemi COVID-19 global ketika negara itu menutup perbatasannya untuk pengunjung internasional.

Jembatan ini disebut cukup kuat untuk menanggung beban hingga 450 orang sekaligus. Belum lama ini, sebuah kendaraan jenis SUV melintasinya untuk menguji kekuatan jembatan ini.

Pejabat Guinness World Records mensertifikasi jembatan tersebut selama akhir pekan lalu, media lokal melaporkan.

Diketahui, ini adalah jembatan kaca ketiga yang dibangun di Vietnam. Pada tahun 2018, jembatan gunung spektakuler lainnya, yang ditopang oleh sepasang tangan batu yang sangat besar, menjadi berita utama global setelah dibuka di daerah Ba Na Hills di Vietnam Tengah.