Bikin Ngeri! Rusia Tembakkan Rudal Hipersonik Zikron ke Laut Putih
Ilustrasi penembakkan rudal. (Wikimedia Commons/U.S. Navy/Mass Communication Specialist 3rd Class Kevin V. Cunningham)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video memperlihatkan rudal jelajah hipersonik Zicron ditembakkan dari Laut Barent. Rudal itu kemudian mengenai sasaran di Laut Putih.

Video tersebut dirilis Kementerian Pertahanan Rusia. Ini merupakan uji coba rudal yang tengah dilakukan militer Negara Beruang Merah tersebut.

Berdasarkan keterangan Kemhan Rusia, Rudal itu diluncurkan sejauh sekitar 1.000 kilometer. Rudal tersebut ditembakkan dari sebuah kapal perang.

Presiden Vladimir Putin menggambarkan Zircon sebagai bagian dari generasi baru sistem persenjataan yang tak tertandingi.

Rudal hipersonik ini mampu melesat sembilan kali kecepatan suara. Rusia sebelumnya telah menguji Zircon dari kapal perang dan kapal selam tahun lalu.

Militer Rusia mengalami kerugian besar sumber daya manusia dan peralatan selama tiga bulan invasi di Ukraina, tetapi masih melakukan uji coba senjata tingkat tinggi untuk mengingatkan dunia tentang kehebatan Moskow dalam teknologi rudal.

Bulan lalu Rusia menguji coba rudal antarbenua berkemampuan nuklir yang baru, Sarmat. Rudal itu mampu membawa 10 atau lebih hulu ledak dan bisa menjangkau Amerika Serikat.