Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria bangga Indonesia akan menggelar pemilihan umum meliputi pemungutan suara untuk memilih eksekutif dan legislatif secara serentak pada 2024.

Dia bilang pesta demokrasi lima tahunan yang dilaksanakan di Tanah Air ini baru pertama kali terjadi di dunia.

"Untuk pertama kalinya dan satu-satunya di dunia, Indonesia akan menyelenggarakan pemilu dan pilkada secara serentak," kata Riza dalam akun Twitternya, @ArizaPatria, Rabu 24 Mei.

Pemilu 2024 diketahui terbagi dalam dua tahap. Masyarakat akan memilih presiden dan wakilnya, anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten atau Kota, dan anggota DPD pada 14 Febaruari.

Selanjutnya pemungutan suara untuk memilih gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota pada Rabu, 27 November.

Riza memandang peran penting penyelenggara pemilu. Tentunya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang berwenang untuk mengawasi dan menentukan sukses tidaknya praktik demokrasi di Indonesia tersebut.

"Bapak-ibu para pengawas pemilu ini akan menjadi tulang punggung suksesnya hajatan nasional nanti," ujarnya.

Riza mengatakan yang disampaikannya itu telah diketahui anggota Bawaslu DKI saat acara Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu DKI Jakarta di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan pada Selasa 24 Mei.

"Kemarin kami bertemu saat Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu," tandasnya.