Formula E di Ancol Gunakan Sirkuit Kelas 3, Tak Bisa untuk F1
Sirkuit Internasional Formula E Jakarta Ancol di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022). ANTARA/ Abdu Faisal

Bagikan:

JAKARTA - Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta ePrix 2022, Irawan Sucahyono mengatakan balap Formula E Jakarta di Ancol menggunakan sirkuit kelas (grade) 3 sehingga tidak didesain untuk balap mobil grade 1 seperti Formula One (F1).

"Sirkuit Ancol ini Grade 3 ya, jadi semua kategori internasional yang Grade 3 bisa di sini," kata Irawan kepada ANTARA di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis, 19 Mei.

Klasifikasi per kelas itu dibuat untuk mengukur kelayakan sirkuit untuk menggelar berbagai balapan bertaraf dunia, benua, atau pun nasional.

Menurut Irawan, meski sirkuit Formula E berkategori Grade 3, JIEC Ancol sudah lolos kualifikasi untuk menyelenggarakan kejuaraan balap tingkat nasional, seperti berbagai balapan yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Namun, sebagai aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, setiap rencana kegiatan balapan tingkat nasional yang dilaksanakan IMI di JIEC Ancol nantinya harus mendapat izin penyelenggaraan dari gubernur.

"Sementara ini JIEC Ancol untuk balapan mobil, kalau untuk (sepeda) motor harus dimodifikasi karena trek ini trek mobil. Kalau (sepeda) motor belum aman," kata Irawan.